Bertemu Kim Jong-un, Popularitas Moon Jae-in Meroket

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 12:48 WIB
Bertemu Kim Jong-un, Popularitas Moon Jae-in Meroket Popularitas Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, meroket setelah merampungkan lawatan ke Korea Utara dan bertemu dengan Kim Jong-un. (Pyeongyang Press Corps/Pool via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Popularitas Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, meroket setelah merampungkan lawatan ke Korea Utara dan bertemu dengan Kim Jong-un.

"Peningkatan ini bisa dilihat sebagai efek dari pertemuan ketiga inter-Korea yang dihelat di Pyongyang," demikian keterangan lembaga survei Gallup Korea setelah merilis hasil jajak pendapat untuk pekan ini pada Jumat (21/9).

AFP melaporkan bahwa popularitas Moon memang sempat anjlok pada awal bulan ini ke titik terendah selama masa pemerintahannya karena berbagai isu, mulai dari peningkatan angka pengangguran hingga pembengkakan harga rumah.
Namun setelah Moon melakukan lawatan selama tiga hari ke Pyongyang mulai Selasa lalu, popularitasnya langsung meningkat sebelas poin menjadi 61 persen berdasarkan survei terhadap 1.001 orang.


Jumlah responden yang menganggap performa Moon buruk menurun 9 persen menjadi 30 persen dengan margin kesalahan 3,1 persen.

Pertemuan ketiga dengan Kim ini memang dianggap sebagai salah satu keberhasilan Moon merekatkan kembali hubungan dengan Korut, salah satu janjinya di awal masa jabatan.
Dalam pertemuan itu, Kim bahkan sepakat untuk menutup salah satu situs uji coba rudal terbesarnya, memberikan momentum baru bagi negosiasi nuklir dengan Amerika Serikat yang sempat buntu.

Selain itu, kedua negara juga sepakat meredakan ketegangan militer di perbatasan, meningkatkan kerja sama ekonomi, hingga bersama mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Sebuah jajak pendapat lain oleh Realmater pun menunjukkan 71,6 persen responden mengapresiasi hasil pertemuan tersebut, sementara 22,1 persen lainnya memberikan respons negatif. (has/has)