Usai Mangkhut, Badai Siklon Hantam Filipina pada Akhir Pekan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 16:01 WIB
Usai Mangkhut, Badai Siklon Hantam Filipina pada Akhir Pekan Ilustrasi. (NASA/NOAA/GOES West/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah diterpa Topan Mangkhut, Filipina diperkirakan bakal dilewati badai siklon tropis pada akhir pekan ini.

Ahli cuaca dari Badan Administrasi Atmosfer, Geofisika, dan Astronomi Filipina mengatakan bahwa tekanan udara rendah terlihat sekitar 2.006 kilometer di wilayah Timur Visayas dan kemungkinan akan berkembang menjadi siklon tropis.

Badai tersebut diperkirakan akan memasuki wilayah tanggung jawab Filipina (PAR) pada Sabtu atau Minggu. Jika terbentuk menjadi siklon tropis maka nama lokalnya adalah "Paeng."
Mendoza mengatakan potensi badai diperkirakan akan menyeberang ke wilayah Luzon Utara, kemungkinan menuju Luzon Selatan, Visayas, dan Mindanao.


Langit berawan serta hujan badai akan melanda Mimaropa, Visayas barat dan Tengah, dan Semenanjung Zamboanga. Wilayah Metro Manila dan Luzon lainnya akan dilanda badai.

Sebelumnya, Filipina dihantam Topan Mangkhut yang membawa angin berkecepatan lebih dari 200 kilometer perjam, merenggut puluhan nyawa, bahkan diperkiran dapat mencapai seratus orang.

Setelah itu, tanah longsor melanda sejumlah titik di Filipina hingga menewaskan setidaknya 22 orang. (cin/has)