FOTO: Parade Militer Berdarah di Iran, 25 Orang Tewas

AFP, CNN Indonesia | Senin, 24/09/2018 11:30 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Parade militer di Ahvaz, Iran, pada akhir pekan lalu berubah menjadi arena berdarah ketika aksi penembakan tiba-tiba terjadi, menewaskan setidaknya 25 orang.

Parade militer di Kota Ahvaz, Iran, pada akhir pekan lalu berubah menjadi arena berdarah ketika aksi penembakan tiba-tiba terjadi, menewaskan setidaknya 25 orang. (AFP Photo/ISNA/Morteza Jaberian)
Insiden bermula ketika empat pelaku melepaskan tembakan membati buta di tengah parade militer yang digelar untuk memperingati perang Iran dengan Irak pada 1980-1988 silam. (AFP Photo/ISNA/Behrad Ghasemi)
Suasana seketika kacau balau. Para tentara merangkak sembari mencari sumber tembakan, sementara perempuan dan anak-anak berlarian menyelamatkan diri mereka. (AFP Photo/Mehdi Pedramkhou)
Tak lama setelah itu, kelompok militan ISIS mengklaim serangan tersebut. Melalui media propaganda mereka, Amaq, ISIS melansir sebuah video yang menunjukkan tiga orang di dalam satu kendaraan. (AFP Photo/ISNA/Morteza Jaberian)
Menurut Amaq, ketiga pria itu sedang dalam perjalanan untuk melakukan serangan. Seorang pria dengan topi bergambar logo Garda Revolusioner Iran dalam video itu kemudian terdengar membicarakan rencana serangan tersebut dalam bahasa Farsi. (AFP Photo/ISNA/Morteza Jaberian)
Namun, gerakan oposisi Arab, Avhaz National Resistence, juga mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. (AFP Photo/Alireza Mohammadi)
Sementara itu, Presiden Iran, Hassan Rouhani, sendiri menuding Amerika Serikat sebagai otak di balik serangan tersebut. (AFP Photo/ISNA/Behrad Ghasemi)
Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Nikki Haley, langsung membantah tuduhan Rouhani dan meminta Iran untuk melakukan refleksi mengenai yang terjadi di dalam negerinya. (AFP Photo/ISNA/Morteza Jaberian)