Trump Harap Bisa Kembali Temui Kim Jong-un dalam Waktu Dekat

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 25/09/2018 02:35 WIB
Trump Harap Bisa Kembali Temui Kim Jong-un dalam Waktu Dekat Trump berharap pertemuan kedua dengan Kim Jong-un bisa terlaksana dalam waktu dekat. (Foto: Anthony Wallace/Pool via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump berharap pertemuan kedua dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un bisa dilakukan dalam waktu dekat. Harapan ini disampaikan setelah ia merasa telah melihat adanya kemajuan luar biasa yang bisa mengurangi ketegangan antara kedua negara.

"Seperti Anda tahu, Kim Jong-Un menulis surat untuk meminta diadakan pertemuan kedua. Sepertinya pertemuan kedua ini bisa segera dilakukan," ungkap Trump, Senin (24/9) seperti dilaporkan AFP.

Dia juga menyinggung soal pertemuan antara Menlu AS Mike Pompeo dan Kim Jong-Un yang tiba-tiba dibatalkan oleh Gedung Putih.


Trump menyebut pihak Gedung Putih akan menjadwalkan ulang pertemuan tersebut 'dalam waktu dekat'. Meski demikian, belum diketahui kapan dan di mana pastinya pertemuan tersebut akan dilakukan.

Sebelumnya, pertemuan pertama antara kedua pimpinan negara yang kerap saling lempar tudingan berhasil dilakukan pada12 Juni silam di Singapura.

Dalam KTT pertama Trump-Kim Jong-Un menghasilkan sejumlah kesepakatan, salah satu yang terpenting adalah mencairnya ketegangan antara Korea Utara dan AS yang pada tahun lalu banyak dikhawatirkan oleh sejumlah kalangan akan kemungkinan meletusnya perang terbuka di kawasan.

Dalam pertemuannya dengan sejumlah media usai KTT, Trump menatakan salah satu hal penting yang dibahas adalah soal denuklirisasi Korea Utara, pelibatan pelbagai negara untuk langkah lebih lanjut hingga soal hak asasi manusia (HAM). Hal lainnya adalah soal sanksi terhadap negara tersebut yang belum akan dicabut. (age/evn)