Hendak Cas Ponsel, Penumpang India Paksa Masuk Kokpit Pesawat

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/09/2018 18:50 WIB
Hendak Cas Ponsel, Penumpang India Paksa Masuk Kokpit Pesawat Penumpang pesawat IndiGo memaksa masuk kokpit untuk mengecas ponselnya (AFP PHOTO/ Punit PARANJPE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang penumpang pesawat di India berusaha masuk ke kokpit untuk mengecas baterai ponselnya. Akibat peristiwa ini, ia lantas dikeluarkan dari pesawat, demikian disebutkan oleh pihak maskapai, Rabu (26/9).

Insiden ini terjadi pada penerbangan IndiGo ketika pesawat itu akan lepas landas dari Mumbai ke Kalkuta, Senin lalu.

"Ketika pesawat Indigo masih ada didaratan, seorang penumpang yang membandel mencoba untuk masuk ke kokpit dan bilang bahwa ponselnya butuh dicas," jelas IndiGo dalam pernyataannya.


"Berdasarkan prosedur operasional standar, sang kapten [...] berinisiatif untuk menurunkan penumpang itu atas dasar pelanggaran keamanan."

Petugas resmi bandara menyebut bahwa pria yang berusia 30 tahunan itu tengah mabuk, seperti diberitakan kantor berita Press Trust of India. Polisi lantas menanyakan beberapa pertanyaan dan melepaskan pria itu tanpa denda.

Ini adalah insiden aneh kedua pada penerbangan domestik India. Sebelumnya seorang penumpang sempat mencoba membuka pintu keluar saat pesawat tengah mengudara karena mengira itu adalah pintu toilet.

Pria itu melakukan perjalanan dengan GoAir dari New Delhi ke Patna, Sabtu lalu. Seorang penumpang lantas membunyikan alarm saat melihat kejadian ini. Pria itu pun segaera diamankan oleh kru pesawat.

Ia lantas diserahkan kepada otoritas setempat untuk ditanyai lebih lanjut begitu pesawat mendarat. Pria ini pun dilepaskan setelahnya. Media di India menyebut bahwa itu adalah penerbangan pertamanya.

Sektor penerbangan India mengalami kenaikan penumpang enam kali lipat dalam sepuluh tahun terakhir. Hal ini akibat dari banyaknya tawaran tiket penerbangan murah dan konektivitas yang makin baik. Sehingga banyak penumpang yang baru terbang untuk pertama kalinya. (eks/eks)