Survei Sebut Warga Dunia Lebih Percaya Putin Ketimbang Trump

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/10/2018 07:20 WIB
Survei Sebut Warga Dunia Lebih Percaya Putin Ketimbang Trump Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Carlos Barria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Citra Amerika Serikat di mata dunia kian memburuk di bawah kepemimpinan Donald Trump. Hal ini diungkap berdasarkan riset yang dilakukan oleh Pew Research di 25 negara, seperti Kanda dan Jerman.

Warga dunia bahkan lebih menaruh kepercayaan atas kepemimpinan Putin dan Xi Jinping ketimbang Trump.

Sebanyak 20 dari 25 negara yang disurvey menyatakan bahwa mereka tidak mempercayai kepemimpinan Trump. Hanya 27 persen dari total responden yang menyatakan mereka percaya terhadap Trump. Angka ini lebih buruk dari kepercayaan terhadap Putin (30 persen) dan Xi (34 persen).


Kanselir Jerman Angela Merkel mendapat kepercayaan paling tinggi dengan 52 persen, disusul dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron dengan 46 persen.

Negara yang mempersepsi AS lebih baik adalah Israel, Filipina, dan Korea Selatan. Citra positif AS di negara-negara ini diatas 80 persen. Jika dibandingkan responden seluruh negara, AS masih mendapat tanggapan positif. Sebab, 50 persen responden menyatakan tanggapan positif mereka dan 43 persen menyatakan persepsi negatif terhadap AS.

Sejak berkantor pada Januari 2017 lalu, Trump telah menarik AMerika Serikat dari berbagai perjanjian internasional. Baik perjanjian iklim di Paris hingga perjanjian nuklir Iran, membuka hubungan dengan pemimpin otoriter seperti Putin dan Kim Jong Un, hingga mengkritik tetangganya dan sekutunya di NATO.

Juni lalu saat pertemuan puncak di Kanada, Trump menolak menandatangani kesepakatan bersama dengan sekutu Amerika lain.

Mencemooh tuan rumahnya, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau sebagai "sangat tidak jujur dan lemah". Dia juga berulang kali menyerang Jerman karena surplus perdagangannya, pengeluaran dana pertahanan yang rendah, dan ketergantungannya pada gas Rusia.

Minggu lalu saat sidang umum PBB, pidato Trump sempat mengundang tawa hadirin. Pasalnya, saat itu Trump mengklaim bahwa pencapaiannya di Gedung Putih selama dua tahun telah melampaui pimpinan AS manapun.

Survei menunjukkan bahwa citra Amerika mendapat pukulan besar sejak 2017, ketika Trump baru berkantor. Citra ini terus memburuk di banyak negara pada tahun 2018, khususnya di Eropa.

Hanya 30 persen orang Jerman yang memiliki pandangan yang baik soal Amerika Serikat. Angka ini turun lima poin dari tahun lalu. Angka ini kedua terendah setelah Rusia, di angka 26 persen.

Sementara itu, hanya 38 persen orang Perancis dan 39 persen orang Kanada yang mengatakan memiliki pandangan positif terhadap Amerika Serikat, keduanya turun dari tahun lalu. Meksiko naik sedikit menjadi 32 persen.

Meski kepercayaan terhadap Trump buruk, namun warga dunia tetap menaruh kepercayaan atas kepemimpinan Amerika Serikat di dunia. Ketimbang 19 persen responden yang menyatakan China lebih baik menjadi pemimpin dunia.

Persepsi sekutu AS terhadap pemerintahan Trump juga memburuk lantaran menilai negara itu tidak menghargai kebebasan individu warganya. Hal ini diungkap oleh responden dari Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Australia, dan Meksiko. (eks/eks)