Putin Akan Kunjungi India, Hadiri Pembelian Senjata

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 09:33 WIB
Putin Akan Kunjungi India, Hadiri Pembelian Senjata Presiden Rusia Vladimir Putin (REUTERS/Christian Hartmann)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Rusia, Vladimir Putin akan berkunjung ke New Delhi, India, untuk menghadiri penandatangan kesepakatan untuk memasok sistem pertahanan udara S-400 ke negara itu. Sistem pertahanan udara ini bernilai UD$5 miliar atau setara Rp 76 triliun.

"Presiden akan berangkat ke India pada 4 Oktober," kata Asisten kebijakan luar negeri Kremlin, Yury Ushakov kepada wartawan.

"Hal utama dari kunjungan ini adalah penandatanganan perjanjian untuk memberikan sistem pertahanan udara S-400," kata dia.


"Nilai kontraknya akan lebih dari $ 5 milliar," kata dia menambahkan.

Moskow telah bernegosiasi untuk melakukan penjualan rudal jarak jauh S-400 ke India selama berbulan-bulan.

Penjualan itu sempat membuat AS geram. Seorang pejabat senior dari Pentagon mengatakan akan mempertimbangkan sanksi terhadap India jika pembelian itu berhasil.

India telah berusaha untuk meminta AS mengabaikan sanksi. Meskipun, seorang pejabat AS mengatakan bahwa diriya tidak ada jaminan akan melakukannya.

Padahal dalam beberapa tahun terakhir, AS tengah gencar memperkuat hubungan diplomatik dengan India. Saat ini negara itu menjadi salah satu negara di Asia yang ekonomi dan pengaruhnya tengah bangkit di kawasan.

Washington memandang New Delhi sebagai negara demokrasi dengan nilai yang sama dan bisa menjadi kunci membantu melawan ambisi regional China di kawasan.

India sejauh ini terus beralih ke AS dan Perancis untuk pembelian senjata, tapi masih bergantung pada perangkat Rusia untuk mempertahankan alutsista lama yang masih digunakan. (cin/eks)