6 Tokoh Dunia yang Dapat Kewarganegaraan Kehormatan Kanada

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 12:53 WIB
Selain Auung San Suu Kyi adalah salah satu dari 6 tokoh dunia yang mendapat kewarganegaraan kehormatan dari Kanada. Ilustrasi (Wikimedia Commons/Tony Webster)
Jakarta, CNN Indonesia -- Parlemen Kanada telah resmi mencoret nama pemimpin Myanmar Auung San Suu Kyi dari daftar tokoh dunia yang mendapat kewarganegaraan kehormatan dari negara itu. 

Sebelumnya, Kanada telah memberikan kewarganegaraan kehormatan kepada 6 orang. Kewarganegaraan kehormatan ini diberikan kepada orang asing yang memiliki pengaruh yang besar terhadap dunia.

Kewarganegaraan ini merupakan sebuah kehormatan simbolis. Mereka yang menerima kewarganegaraan ini tidak memiliki hak-hak istimewa warga negara, seperti mengikuti pemilu atau memiliki paspor Kanada, seperti disebutkan Global News.


Berikut enam orang yang diberikan kewarganegaraan kehormatan dari Kanada.

1. Raoul Wallenberg (1985)

Wallenberg merupakan seorang pengusaha dan diplomat dari Swedia pada 1944. Dirinya menyelamatkan sekitar 100.000 orang Yahudi yang dianiaya oleh Nazi selama Perang Dunia II di Budapest.

Dirinya ditangkap oleh pemerintah Soviet pada 1945 dan meninggal di penjara pada 1947. Pada 1985, Kanada menganugerahkan kewarganegaraan Anumerta kepada Wallenberg.

Setiap 17 Januari pun diperingati "Hari Raoul Wallenberg" di Kanada. Ia merupakan orang pertama yang menerima kehormatan itu, seperti dilansir CBC News.

2. Nelson Mandela (2001)

6 Tokoh Dunia yang Dapat Kewarganegaraan Kehormatan KanadaNelson Mandela (REUTERS/Mohamad Torokman)
Nelson Mandela merupakan mantan presiden Afrika Selatan yang menerima kehormatan kewarganegaraan dari Kanada pada 2001.

Parlemen mengesahkan hal itu sebagai pengakuannya atas kepemimpinan moralnya yang hebat dari Mandela kepada Afrika Selatan dan kepada seluruh umat manusia.

Mandela menjadi orang pertama yang masih hidup saat menerima penghargaan itu. Dirinya menghabiskan 27 tahun penjara di Afrika Selatan sebelum memenangkan pemilihan umum pertama di negara itu.

Pada 1993, mantan presiden Afrika Selatan itu juga memenangkan hadiah Nobel.

3. Tenzin Gyatso, Dalai Lama ke-14 (2006)

Dalai Lama dianugerahkan kewarganegaraan Kanada saat dirinya sedang berada di Vancouver pada 2006.

Dirinya merupakan pemimpin Buddha yang diasingkan dari Tiongkok. Kanada mengakui China sebagai pemerintahan yang sah dari China dan Tibet. Namun, Kanada sangat menghormati Dalai Lama.

Dalai Lama memiliki fokus terhadap pendidikan, kasih saying, dan kesehatan selama menjalani kunjungannya ke Vancouver. Dirinya meresmikan Lembaga Pusat Perdamaian dan Pendidikan Dalai Lama di Vancouver, seperti dikutip dari Dalailama.com

4. Aung San Suu Kyi (2007)

6 Tokoh Dunia yang Dapat Kewarganegaraan Kehormatan KanadaPemimpin Myanmar Auung San Suu Kyi (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Aung San Suu Kyi merupakan pendukung pro-demokrasi Burma yang diberikan kewarganegaraan Kanada pada 2007.

Kanada menyebut Suu Kyi merupakan simbol dari rakyat Burma untuk kebebasan politik. Suu Kyi merupakan tahanan rumah selama 15 tahun yang dilakukan oleh militer Myanmar.

Kanada menyerahkan sertifikat kewarganegaraan Suu Kyi pada 2012 selama kunjungannya ke Myanmar saat Suu Kyi berada di tahanan rumah.

Namun, Kanada resmi mencabut kewarganegaraan kehormatan Suu Kyi dikarenakan dirinya menolak untuk menarik dan menghentikan kekerasan yang dilakukan oleh militer Myanmar terhadap minoritas Muslim Rohingya.


5. Aga Khan (2009)

Dilansir dari Simerg, Aga Khan merupakan pemimpin dari 15 juta Muslim di seluruh dunia. Dirinya menjadi imam muslim Syiah Ismaili sejak 1957 yang dimana dirinya terlibat dalam proyek kemanusiaan dan pembangunan Asia Afrika. Khan diberikan kehormatan kewarganegaraan dari Kanada pada 2009.

Parlemen Kanada menggambarkan bahwa penghormatan ini diberikan atas kepemimpinan dirinya sebagai Imam Ismaili dalam mempromosikan pembangunan dan toleransi di seluruh dunia serta kepemimpinannya dianggap sangat luar biasa sebagai Imam dari komunitas Ismaili di dunia.

6. Malala Yousafzai (2017)

6 Tokoh Dunia yang Dapat Kewarganegaraan Kehormatan KanadaPenerima hadiah Nobel Pakistan, Laureate Malala Yousafzai(REUTERS/Thomas Mukoya)
Dilansir dari BBC, Yousafzai merupakan wanita termuda yang menerima kehormatan kewarganegaraan Kanada saat berusia 19 tahun. 

Yousafzai adalah seorang aktivis wanita yang berani mengutarakan hak-hak kaum perempuan dan pendidikan untuk perempuan khususnya mengenai penembakan terhadap anak-anak dan perempuan.

Parlemen Kanada menyebut dirinya merupakan seorang warna Kanada yang paling baru dan berani. Dirinya juga memuji dukungan Kanada terhadap pengungsi dan pekerjaan pembangunan Internasional untuk perempuan dan anak-anak. (cin/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK