Kemlu Sebut KBRI Tidak Larang Putri Rizieq Shihab Masuk Yaman

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 12:19 WIB
Kemlu Sebut KBRI Tidak Larang Putri Rizieq Shihab Masuk Yaman Ilustrasi (REUTERS/Khaled Abdullah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menjelaskan bahwa tidak diizinkannya putri Rizieq Shihab untuk masuk ke Yaman dari Oman adalah merupakan kebijakan dari pemerintahan Oman, bukan karena larangan dari KBRI.

"Yang melarang mereka menyeberang perbatasan adalah Pemerintah Oman, karena sejak Mei 2018 mereka sudah memutuskan tidak mengijinkan warga asing manapun keluar/masuk perbatasan Oman dari dan ke Yaman," jelas Direktur Perlindungan WNI dan BHI, Lalu Muhammad Iqbal Songell lewat pesan teks, Senin (8/10).

Tanggapan ini diberikan Iqbal atas pemberitaan yang menyatakan bahwa salah satu putri Rizieq Syihab ditolak saat hendak bertolak ke Yaman dari Oman.



Iqbal menegaskan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Oman sama sekali tidak memiliki wewenang untuk melarang warga negaranya masuk ke negara tertentu.

"KBRI sama sekali tidak punya wewenang melarang. Justru saat ini Kemlu dan KBRI sedang mencarikan jalan keluar terbaik bagi mereka yang sudah terlanjur di Salalah (Oman)," tambahnya.

Kebijakan pelarangan itu menurut Lalu merupakan pertimbangan keamanan nasional Oman dan sudah menjadi hak mereka sepenuhnya.

Iqbal juga menjelaskan bahwa pemerintah Oman sebelumnya telah memberikan sudah memberikan dispensasi kepada WNI untuk keluar masuk Oman dari Yaman selama 3 tahun sejak 2015. Pihak Kemlu juga menyatakan bahwa mereka sudah menyosialisasikan larangan otoritas Oman tersebut pada Mei 2018.

Dispensasi itu diberikan karena desakan Pemerintah Indonesia yang peduli akses para pelajar WNI di Hadhramaut, Yaman.

Saat ini pemerintah Indonesia masih memberikan status merah. Artinya dihimbau bagi WNI untuk tidak berkunjung untuk keperluan apapun ke negara itu karena pertimbangan perkembangan keamanan dan kebijakan pemerintah setempat.

"Status ini sudah kita sosialisasikan sejak 2015. Bahkan Wamenlu langsung mendatangi pesantren-pesantren. Ada yang memahami dan mengikuti lalu berlindah ke negara tujuan belajar lain. Banyak juga yang tidak mempedulikan," ucapnya.

Warga negara Indonesia juga bisa mengakses informasi soal imbauan masuk ke negara lain lewat situs ini.


Catatan redaksi: Berita ini diubah dari sebelumnya berjudul: "Kemlu: Oman Larang Putri Rizieq Shihab Masuk Negaranya", dan terdapat kesalahan informasi sebelumnya putri Rizieq Shihab ingin bertolak ke Oman.  (eks/eks)