Khabib Nurmagomedov dan Arti Beruang dalam Budaya Rusia

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 14:10 WIB
Khabib Nurmagomedov dan Arti Beruang dalam Budaya Rusia Ilustrasi (REUTERS/Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baru-baru ini, media sosial ramai diperbincangkan kemenangan Khabib Nurmagomedov asal Rusia atas Conor McGregor asal Irlandia saat pertandingan pertarungan bebas UFC (Ultimate Fighting Championship) di T-Mobile Arena, Nevada, Amerika Serikat.

Menyusul kemenangan ini, beredar pula video yang menampilkan Khabib saat berusia sembilan tahun. Dalam video itu tampak ia sedang berlatih dengan seekor anak beruang.

Dalam video berdurasi satu atau dua menit tersebut Khabib dinilai sudah sangat baik melakukan sejumlah teknik gulat submission sejak usia dini. Seperti dikutip dari Sport Bible, anak beruang itu kemungkinan merupakan beruang peliharaan yang sudah jinak.




Orang-orang Rusia sangat menghormati beruang dan menjadikan beruang sebagai hewan yang memiliki jiwa pejuang yang tinggi namun penjaga yang baik.

Khabib pun bukan satu-satunya orang yang diasosiasikan dengan beruang. Sebelumnya pada 2017 lalu, media sosial ramai dengan adanya meme foto presiden Rusia, Vladimir Putin yang sedang menunggangi seekor beruang sambil bertelanjang dada.

Dalam wawancara dengan NBC, Putin membantah bahwa dirinya sedang menunggangi beruang.

"Saya santai. Ada banyak foto saya di tempat kerja, tetapi tidak ada yang peduli tentang mereka. Saya telah melihat foto-foto saya mengendarai seekor beruang, tetapi saya tidak pernah melakukannya. Tapi gambar seperti itu memang ada," kata dia.

Beruang memang dikenal sebagai hewan yang sangat dekat dengan budaya Rusia. Beruang banyak muncul dalam karya sastra Rusia, berbagai cerita rakyat, dan selalu bertindak sebagai hewan yang baik.

Dalam budaya Rusia, beruang merupakan simbol negara Rusia yang dikenal sebagai binatang yang baik hati, agak bodoh, penjaga yang baik, dan memiliki kharisma tertentu, seperti ditulis Russian News.

Dilansir dari Russia!, pada abad 19, simbol beruang Rusia seringkali menjadi lelucon dalam kartun-kartun politik.

Sementara bagi negara barat, aimbol beruang juga memiliki tanda sendiri dari negara Barat sebagai hewan yang besar dan rentan terhadap keganasan. Tidak jarang, dengan menggunakan beruang sebagai simbol negaranya, Rusia dianggap tidak memiliki sisi kemanusiaan.

Untuk melepaskan aspek negatif yang ditanamkan oleh negara Barat, Rusia mencoba membangun citra simbol beruang menjadi positif. Hal ini terbukti pada 1980 beruang menjadi simbol Olimpiade Musim Dingin, seperti dikutip dari Allegra.

Beruang juga menjadi lambang dari gerakan politik Edinstvo (Kesatuan) Rusia dan partai United Russia. Simbol ini melambangkan jika seorang pemimpin di Rusia menang dari partai yang memiliki simbol beruang, maka akan mendapatkan popularitas segar.


(cin/eks)