Bertemu Wakil PM, Jokowi Terima Kasih Atas Bantuan Malaysia

Tim , CNN Indonesia | Selasa, 09/10/2018 11:10 WIB
Bertemu Wakil PM, Jokowi Terima Kasih Atas Bantuan Malaysia Presiden Joko Widodo di Istana Bogor (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Wan Azizah di ruang kerjanya, Istana Bogor, pagi (9/10) ini. Pertemuan itu berlangsung tertutup dan berlangsung sekitar 30 menit.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi berterima kasih langsung atas bantuan pemerintah Malaysia kepada Indonesia pascabencana alam di Lombok, Palu, dan Donggala.

"Terima kasih atas bantuan Malaysia ke Indonesia atas gempa Lombok dan Sulawesi," kata Jokowi, Selasa (9/10).


Pemerintah Malaysia sebelumnya membantu berupa dana bagi Indonesia pascagempa dan tsunami di Sulawesi Tengah RM1 juta atau sekitar Rp3,6 miliar.

Awalnya, Malaysia memberi dana bantuan RM500 ribu. Wan Azizah kemudian menambah dana bantuan menjadi RM1 juta setelah pertemuan kabinet dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Beberapa bulan lalu, pemerintah Malaysia juga mengirimkan pasukan bantuan ke Indonesia setelah gempa 6,9 magnitudo mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dalam pertemuan itu, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (chri/eks)