Topan Michael Akan Terjang AS, Badai Terburuk Dekade Ini

Tim , CNN Indonesia | Rabu, 10/10/2018 12:30 WIB
Topan Michael Akan Terjang AS, Badai Terburuk Dekade Ini Ilustrasi (NASA/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Topan Michael berubah menjadi badai kategori 3 yang bergerak menuju Florida dan diperkirakan akan menjadi badai terburuk dalam dekade ini di Amerika Serikat.

"Michael bisa menjadi salah satu badai terburuk yang menyerang wilayah Florida Panhandle," jelas Mantan Kepala NHC, Rick Knabb.

Pusat Badai Nasional (NHC) mengatakan bahwa badai Michael bergerak dengan kekuatan angin 195 kilometer per jam. Badai itu akan diperkirakan melanda Florida pada Rabu (10/10) sore waktu setempat dengan membawa hujan deras dan badai yang dapat membahayakan jiwa.


Knabb pun mendesak penduduk setempat untuk segera melakukan evakuasi. Sebab badai ini akan jadi yang terburuk setelah badai Dennis pada 2005 lalu.

"Kami hanya punya dua hari untuk menyelesaikan persiapan untuk menyelamatkan nyawa di pantai dan pedalaman. Evakuasi seperti yang diperintahkan dari gelombang badai," kata dia menambahkan.

Gubernur Florida, Rick Scott telah mengaktifkan 2.500 anggota garda nasional untuk siaga. Kepala Departemen Pemadam Kebakaran di kota pantai Panama, Larry Couch mendesak warga untuk segera mengungsi.

"Jika mereka memutuskan untuk tetap tinggal, mereka akan ada titik dimana kita tidak bisa mencapai mereka. Kami akan menutup operasi pada titik tertentu dan ketika kami melakukan itu, mereka bekerja sendiri," kata dia.

"Semoga tetap aman dan pergilah," kata dia menambahkan.

Presiden AS, Donald Trump mengeluarkan deklarasi darurat dan memberikan bantuan dari Federal Emergency Management Agency (FEMA) untuk operasi bantuan.

"Sangat penting jika Anda memperhatikan negara dan pejabat lokal anda. Bersiaplah, berhati-hati dan tetap aman," tulis Trump dalam cuitan Twitternya.

Pejabat negara juga mengeluarkan deklarasi bencana di Alabama dan Georgia yang dimana kedua negara ini akan merasakan dampak dari badai tersebut.
Topan Michael Siap Terjang AS, Badai Terburuk pada Dekade IniSebelumnya Topan Jebi sudah landa Jepang. Topan ini jadi badai terburuk di negara itu dalam 25 tahun terakhir (Kyodo/via REUTERS)

Dampak topan Michael

Pada pukul delapan waktu setempat, badai Michael terlihat berada di jarak 410 kilometer dari kota Panama dan bergerak ke arah utara dengan kecepatan 19 kilometer per jam.

NHC mengatakan bahwa beberapa daerah di pantai Florida akan dilanda gelombang badai ini setinggi 3 meter.

NHC juga menambahkan badai Michael ini akan mengakibatkan hujan lebat, banjir bandang, dan angin tornado di wilayah barat laut Florida.

Topan Michael Siap Terjang AS, Badai Terburuk pada Dekade IniBadai Florence juga sempat menghancurkan South Carolina di AS yang menyebabkan banjir, putus listrik, dan potensi penyakit akibat tercemarnya air bersih (REUTERS/Jason Miczek)
Sekitar 120.000 orang sedang dievakuasi dari wilayah dataran rendah dan tepi pantai di Bay County.

Di daerah lain, berbagai penduduk didesak untuk pergi. Badai Michael diperkirakan memiliki kekuatan untuk menghancurkan pohon, merusak jalan, dan melumpuhkan listrik selama berhari-hari.

Para pengemudi terlihat mengantri di pompa bensin, sementara beberapa jalan tol ditutup agar jalan utama bisa lancar untuk evakuasi.

Sebelumnya, penduduk Carolina masih belum pulih dari badai Florence yang menyebabkan puluhan orang tewas dan membuat kerugian sekitar miliaran dolar pada bulan lalu.

Pada tahun lalu, serangkaian badai kuat (Irma, Maria, dan Harvey) melanda Atlantik Barat yang menyebabkan kerusakan $125 miliar (Rp 2 triliun) ketika banjir melanda wilayah Houston.

Para ilmuwan telah lama memperingatkan bahwa pemanasan global akan membuat angin siklon jadi lebih kuat dan merusak dan beberapa buktinya sudah terlihat. (cin/eks)