Geser Singapura, Jepang Jadi Paspor Terkuat di Dunia

Tim , CNN Indonesia | Rabu, 10/10/2018 17:35 WIB
Geser Singapura, Jepang Jadi Paspor Terkuat di Dunia Paspor Jepang (Istockphoto/MichikoDesign)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jepang mengambil alih posisi Singapura sebagai paspor terkuat di dunia. Jepang menempati posisi teratas pada Henley Passport Index, Henley & Partners 2017 pada Selasa (9/10).

Posisi keduanya hanya terpaut satu negara. Pemilik paspor Jepang bisa menikmati akses bebas visa ke 190 tujuan negara, sementara Singapura bebas visa di 189 negara tujuan.

Pergeseran posisi Jepang ini membuat posisi Jerman jatuh dari peringkat kedua ke peringkat ketiga bersama dengan Korea Selatan dan Perancis. Denmark, Finlandia, Italia, Swedia, dan Spanyol menempati posisi keempat dengan total 187 tujuan negara yang dapat diakses warganya.


Sementara, AS dan Inggris turun dari peringkat keempat ke posisi lima.

"Dengan kegiatan visa keluar yang stagnan dibandingkan dengan negara yang berkinerja tinggi seperti Jepang, Singapura, dan Korea Selatan. Tampaknya semakin tidak mungkin AS dan Inggris akan mendapatkan tempat nomor satu yang sudah mereka gadang-gadang pada 2015," seperti dikutip Channel News Asia.

Irak dan Afghanistan memegang posisi paling bawah dengan hanya 30 tujuan yang dapat diakses oleh warganya.

The Henley Passport Index adalah peringkat semua paspor dunia menurut jumlah negara yang dapat diakses warganya dengan bebas visa.

Menurut Henley and Partners, peringkat ini diperbarui secara waktu nyata ketika perubahan kebijakan visa mulai berlaku.

Peringkat itu didasarkan pada data dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional dan Penelitian Internal.

Pada tahun lalu, penasihat keuangan global, Arton Capital menyebut Singapura sebagai paspor paling kuat di dunia. (cin/eks)