Sembilan Pendaki Hilang Saat Badai di Himalaya

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 13/10/2018 15:38 WIB
Sembilan Pendaki Hilang Saat Badai di Himalaya Ilustrasi. (Istockphoto/Sansubba)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lima warga Korea Selatan dan empat warga Nepal dilaporkan hilang setelah badai menerjang sebuah kamp di Puncak Himalaya, Nepal.

Pejabat Kementerian Kementerian Pariwisata Rameshwar Niraula mengatakan badai menerpa mereka di kamp Mount Gurja di ketinggian 7.913 meter pada Sabtu (13/1). Kamp itu kini dalam keadaan hancur.


Sementara itu, agen Trekking Camp Nepal yang menyediakan perlengkapan lokal untuk tim Korsel, juga membenarkan bahwa kamp para pendaki itu hancur, serta menambahkan bahwa pada Sabtu pagi, helikopter sudah dikirim untuk mencari mereka. Namun karena kondisi cuaca yang buruk, helikopter itu tidak bisa mendarat.


"Operasi penyelamatan kami terus berlangsung dan kami mencoba mencari tahun detailnya," kata Wangchu Sherpa dari Trekking Camp Nepal.


Niraula tidak mengungkap nama para pendaki yang hilang tersebut.

Insiden ini adalah yang terbesar di Nepal dalam dua tahun terakhir. Nepal memiliki delapan dari 14 gunung tertinggi di dunia termasuk Everest. Musim gugur seperti saat ini merupakan puncak pendakian. (Reuters/stu)