Keluarga Tak Tahu Jika Wartawan Hilang di Turki Bertunangan

Tim , CNN Indonesia | Senin, 15/10/2018 20:00 WIB
Keluarga Tak Tahu Jika Wartawan Hilang di Turki Bertunangan Jamal Kashoggi (Middle East Monitor/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan istri wartawan Arab Saudi yang hilang di Turki, Jamal Khashoggi mengaku tidak pernah mendengar kabar jika mantan suaminya tengah bertunangan. Alaa Nassif juga menyebut bahwa dirinya belum pernah mendengar soal wanita itu sebelumnya.

"Sementara Khadijah mengklaim sebagai tunangan Jamal, saya belum pernah mendengar nama itu sebelumnya, baik keluarga saya maupun putranya, Abdullah yang sedang bersamanya di Turki selama dua minggu sebelum kepergiannya," kata dia dalam wawancara dengan Al-Arabiya.

"Jika Khadijah berada dalam kehidupan Jamal, saya akan menjadi orang pertama yang tahu, tetapi dia tidak pernah ada dalam hidupnya," kata Nassif sambil mengaku terkejut melihat foto Khashoggi bersama Khadijah di media sosial.


Nassif juga menyebut bahwa dirinya tidak mengetahui apa alasan Khashoggi pindah dari Amerika ke Turki.

Sejak kasus hilangnya seorang wartawan The Washington Post, Jamal Khashoggi di Turki, Nassif tetap diam dan menunggu penyelidikan berjalan. Dirinya mengatakan bahwa prioritas utama untuk anak-anaknya adalah kebenaran dan tetap diam.

Ia pun menganggap pemerintah negaranya tidak akan menyakiti mereka yang membangkang kepada pemerintah.

"Seluruh pembangkang Saudi tidak disakiti, tidak ada yang menghampiri untuk menyakiti mereka. Bahkan ketika mereka berada di luar negeri. Ini merupakan sebuah kebenaran sejak berdirinya negara ini. Mereka mungkin mengatakan lebih dari apa yang dikatakan Jamal, dan mereka tidak dirugikan. Ada banyak contoh," kata Nassif kepada Al-Arabiya.

Kecam politisasi

Sementara itu, Salah Khashoggi yang merupakan putra tertua dari Jamal mengecam tidak dapat menerima adanya upaya dari pihak asing untuk mempolitisasi hilangnya ayahnya.

"Masalahnya adalah ada warga Saudi yang hilang, kami bekerja sama dengan pihak berwenang Saudi untuk mengungkap keadaan," kata dia dalam wawancara khusus dengan Al-Arabiya.

Salah menegaskan bahwa kasus ini merupakan masalah pribadi dan tidak ada hubungannya dengan dunia politik.

"Saya tidak tahu kehadirannya di Turki dan bagaimana perjalannya baru-baru ini," kata dia sambil menambahkan bahwa ia tidak pernah mendengar soal Khadijah.

Dukung pemerintah

Salah menjelaskan bahwa seluruh anggota keluarganya mendukung penyelidikan resmi dari pemerintah Arab Saudi. Dirinya menganggap bahwa penyelidikan dari Saudi akan memberikan hasil positif dan mengungkap kebenaran.

Hal tersebut ditegaskan juga oleh penasihat hukum keluarganya, Motasem Khashoggi kepada Al-Arabiya bahwa pihak keluarga memiliki komunikasi yang teratur dengan pemerintahan Arab Saudi mengenai kasus ini.

"Kami mempercayai pemerintah dan tindakan yang diambil oleh pemerintah Saudi serta berbagai upaya yang dilakukan dalam kasus ini. Ada koordinasi dengan pemerintah dan kedutaan di Ankara," kata dia.

Motasem mengatakan bahwa keluarga telah mengambil tindakan hukum mengenai hilangnya Jamal Khashoggi dengan berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi.

Pada Selasa (2/10), Khashoggi masuk ke kantor konsulat Saudi untuk mengambil dokumen pernikahannya. Sejak saat itu, keberadaan Khashoggi tidak diketahui. Hingga kini, penyelidikan masih berjalan. (eks/eks)