Jurnalis Saudi Diduga Tewas Saat Diinterogasi di Konsulat

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/10/2018 05:13 WIB
Jurnalis Saudi Diduga Tewas Saat Diinterogasi di Konsulat Jurnalis Jamal Khashoggi. (Middle East Monitor/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyebab raibnya jurnalis asal Arab Saudi, Jamal Khashoggi nampaknya menemui titik terang. Konon pewarta yang kerap mengkritik pemerintah negaranya itu meninggal saat diinterogasi, ketika hendak mengurus dokumen imigrasi di Konsulat Arab Saudi di Ibu Kota Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu.

Sebagaimana dilansir CNN.com, Selasa (16/10), kabar itu didapat dari sejumlah sumber selepas sejumlah penyelidik dari aparat kepolisian Turki dan ahli forensik diperbolehkan masuk ke gedung konsulat Arab Saudi pada Senin (15/10) malam waktu setempat. Mereka dikabarkan menggeledah bangunan itu serta hunian khusus diplomat Saudi di dekatnya, buat mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan Khashoggi.

Menurut sumber itu, aparat kepolisian Turki sudah mempunyai bukti-bukti berupa rekaman suara dan video buat membuktikan kalau Khashoggi diduga meninggal ketika diinterogasi secara ilegal dan tertutup. Sumber lainnya menyatakan pemerintah Saudi saat ini tengah mempersiapkan pernyataan tentang apa yang sebenarnya terjadi, dan aparat Turki sudah siap menangkap sejumlah orang yang diduga terlibat dalam hilangnya Khashoggi.
Meski demikian, sikap Saudi belum bisa dipastikan apakah akan mengakui apa yang sebenarnya terjadi dalam peristiwa ini.


Aparat keamanan Turki mencurigai 15 orang warga Saudi yang tiba bertepatan pada hari menghilangnya Khashoggi. Diduga kuat Khashoggi sebenarnya bakal diculik dan dibawa pulang ke Saudi setelah diinterogasi. Sebab, tunangannya Hatice Cengiz tidak pernah bertemu dengan kekasihnya selepas mengantarnya ke gedung konsulat itu.

Khashoggi yang juga penulis kolom di surat kabar The Washington Post diduga sudah lama diincar pemerintah Saudi karena karya-karyanya kerap melontarkan kritik tajam.

Pemerintah Saudi sejak awal selalu menyatakan Khashoggi sudah meninggalkan gedung konsulat mereka di Istanbul. Karena peristiwa ini hubungan antara pemerintah Saudi dan Turki menjadi tegang, (ayp/ayp)