Terjebak Badai Michael, Suami-Istri Selamat Berkat Peta Udara

Tim , CNN Indonesia | Selasa, 16/10/2018 12:37 WIB
Terjebak Badai Michael, Suami-Istri Selamat Berkat Peta Udara Ilustrasi (Chris O'Meara/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan Gee yang terjebak badai Michael yang menghantam Florida, Amerika Serikat pekan lalu berhasil diselamatkan.

Mereka terjebak lantaran jalanan keluar dan masuk rumah mereka di daerah pertanian di Youngstown, Panama City, tertutup pohon-pohon tumbang.

Mereka lantas menuliskan pesan Help (tolong) di halaman rumah mereka yang luas menggunakan dahan-dahan pohon yang tumbang. Permintaan tolong ini terlihat oleh keponakannya lewat peta udara.




"Saya banyak melihat tautan dari gambar udara ini di Facebook dan memitiskan untuk mengeceknya, terang AMber Gee, keponakan yang melihat pesan tolong yang dibuat pamannya Ernest Gee.

Sang keponakan yang khawatir dengan keselamatan paman bibinya, lantas berusaha mencari tahu kondisi rumah mereka menggunakan layanan peta interaktif milik Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional. Ia lantas menemukan tulisan "HELP" itu di saat mengarahkan peta di atas rumah paman dan bibinya.

"Kami beruntung dan saya bisa memperoleh pertolongan untuk keluarga saya dan mengeluarkannya dari rumah itu," jelasnya dalam wawancara dengan ABC.

Reruntuhan akibat badai Michael (REUTERS/Carlo Allegri)
Amber Gee, keponakan yang melihat tulisan itu lantas mengontak Layanan Darurat Bay County. Petugas pun lantas segara mengarah ke rumah mereka. Para petugas penyelamat mesti memotong pepohonan yang menghalangi jalan dan berhasil mencapai rumah itu pada pukul 2 pagi waktu setempat, Minggu (14/10). Ernest Gee, istri, dan seorang kerabat keluarga pun berhasil diselamatkan.

Tim penyelamat ini adalah sebagian dari ratusan petugas manajemen darurat dan tim SAR di Florida Panhandle. Mereka masih terus melakukan pencarian bahkan lima hari setelah topan itu lewat.

Mereka bekerja berkejaran dengan waktu untuk melakukan koordinasi dengan tim penyelamat, relawan, pasokan logistik, untuk menyelamatkan sesama.

"Kami sangat berterimakasih untuk kerjakeras dan dedikasi mereka," jelas Gubernur Rick Scott.

Masih banyak kerja yang harus dilakukan. Sebab, badai Michael telah membuat terputusnya aliran listrik bagi 150.000 rumah dan bisnis di Florida. Begitu juga 130.000 rumah di Georgia, North Carolina, dan Virgina.

Rumah Amber Gee dan keluarga juga hancur akibat badai itu. Tapi hurikan ini berakhir bahagia bagi kisah keluarga mereka.

"Hurikan ini telah membalikkan segalanya," jelasnya kepada ABC.

"Beberapa mengalami hal yang lebih buruk dari yang lain. Saya senang bahwa semua orang selamat dan aman, daan semoga kami bisa melewatkan ini bersama dan pulih dari badai ini."

Dalam posnya di Facebook, agensi penyelamat darurat menyebutkan, "ini adalah kisah yang liar biasa bagaimana semua orang saling bekerjasama," seperti ditulis South China Morning Post.

Sejauh ini, badai Michael telah menewaskan 17 orang. Tapi pihak berwenang menyebut bahwa korban tewas ini kemungkinan masih akan bertambah. (eks/eks)