Perdana, AS Selidiki Dugaan Pelecehan Seksual Gereja Katolik

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 19/10/2018 14:30 WIB
Perdana, AS Selidiki Dugaan Pelecehan Seksual Gereja Katolik Ilustrasi. (Pixabay/Succo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Amerika Serikat untuk pertama kalinya membuka penyelidikan federal atas dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh petinggi Gereja Katolik.

Otoritas AS disebut mengeluarkan surat panggilan pengadilan bagi Keuskupan Agung Pennsylvania.

Surat panggilan itu terbit dua bulan setelah laporan media mengungkap dugaan pelecehan seksual di gereja negara bagian itu yang sudah berlangsung selama puluhan tahun.
Kantor Kejaksaan Federal Philadelphia menyatakan bahwa "Kementerian Kehakiman tidak bisa mengonfirmasi, menyangkal, atau mengomentari keberadaan ada atau tidaknya penyelidikan."


Namun, melalui situs resminya, Keuskupan Agung Philadelphia menyatakan gereja "telah menerima surat panggilan pengadilan yang dikeluarkan hakim pengadilan federal."

"Keuskupan agung akan bekerja sama dengan Kementerian Kehakiman AS terkait masalah ini," bunyi pernyataan gereja tersebut seperti dikutip AFP, Jumat (19/10).
Sementara itu, Keuskupan Greensburg di Pennsylvania bagian barat juga menegaskan bahwa pihaknya telah mendapat panggilan pengadilan.

Keuskupan Greensburg mengaku tidak terkejut dengan panggilan pengadilan tersebut "mengingat kesalahan mengerikan yang terperinci dalam laporan permintaan penyelidikan terhadap seluruh gereja di negara bagian."

"Korban selamat dan masyarakat ingin melihat bukti bahwa setiap keuskupan telah mengambil tindakan tegas dan berdampak untuk membuat anak-anak lebih aman."
AFP belum dapat menghubungi enam keuskupan lain di negara bagian tersebut untuk dimintai komentar mengenai perintah menghadiri persidangan ini.

Namun, media lokal AS melaporkan bahwa lima keuskupan lain juga telah mendapat panggilan pengadilan dan siap bersikap kooperatif dengan para penyelidik.

Skandal pelecehan seksual telah merongrong gereja Katolik AS belakangan ini. Pada Agustuts lalu, laporan permintaan penyelidikan mengungkap dugaan pelecehan seksual yang dilakukan lebih dari 300 pastor predator.

[Gambas:Video CNN]

Laporan itu juga mengungkap sekitar 1.000 anak-anak telah menjadi korban pelecehan seks para pemuka gereja itu yang telah ditutup-tutupi selama puluhan tahun oleh Gereja Katolik Negara Bagian Pennsylvania.

Laporan tersebut dinilai sebagai salah satu yang paling komperhensif yang mengungkap pelecehan seks di gereja Katolik AS.

Sejumlah petinggi gereja Katolik AS mengundurkan diri akibat skandal ini. Uskup Agung Washington DC, Donald Wuerl, mengundurkan diri setelah disebut berperan menyembunyikan kasus itu selama puluhan tahun.

Sejauh ini, ia menjadi tokoh paling senior dalam Gereja Katolik yang mengundurkan diri terkait skandal pelecehan seksual tersebut. (rds/has)