Jet Pengebom AS Mendarat Darurat di Colorado

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 20:59 WIB
Jet Pengebom AS Mendarat Darurat di Colorado Ilustrasi pesawat pengebom AS. (Reuters/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jet pengebom B-2 milik Angkatan Udara Amerika Serikat dilaporkan mendarat darurat di Bandara Colorado Springs pada Selasa (23/10).

Angkatan Udara AS melaporkan bahwa pesawat
senilai $1,2 miliar (Rp 18 triliun) yang dibawa oleh dua pilot itu sedang dalam perjalanan ke Pangkalan Angkatan Udara Whiteman, Missouri.

Memastikan kedua pilot selamat, Angkatan Udara AS menyatakan bahwa penyebab keadaan darurat ini sedang diselidiki.
"Penerbang kami sangat terampil. Mereka dilatih untuk menangani berbagai macam keadaan darurat dalam penerbangan di salah satu pesawat paling canggih di dunia dan mereka dengan sempurna menunjukkan itu hari ini," kata Jenderal John J. Nichols, Komando 509th Bomb Wing.


Insiden ini pertama kali dilaporkan oleh salah satu afiliasi CNN, KOAA News yang memberitakan bahwa ada pesawat yang berbasis di Whiteman mengalami kecelakaan saat menuju pangkalan udara Bomb Wing 509.
Pesawat ini dioperasikan oleh dua orang dan mampu mengirimkan muatan seberat 18 ribu kg termasuk bom nuklir.

Kontraktor utama B-2, perusahaan Northrop Grumman, menyatakan bahwa pesawat B-2 dapat terbang setinggi 9.000 km di atas laut.

"Whiteman secara rutin melakukan misi pelatihan dengan B-2 untuk secara efektif memberikan kemampuan serangan global yang mematikan bagi AS. Selama misi pelatihan ini, pesawat itu tidak membawa senjata," kata Juru Bicara Angkatan Udara, Letnan Allen Palmer kepada CNN. (cin/has)