Penembakan di Sinagoge Amerika Tewaskan Sejumlah Orang

CNN, CNN Indonesia | Sabtu, 27/10/2018 23:25 WIB
Penembakan di Sinagoge Amerika Tewaskan Sejumlah Orang Ilustrasi penembakan. (Foto: Istockphoto/IndiaUniform)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya empat orang terbunuh dalam aksi penembakan yang terjadi pada Sabtu pagi di sebuah Sinagoge di Pittsburgh, Amerika Serikat, sebagaimana dilaporkan kepolisian setempat kepada CNN.

"Pelaku penembakan langsung menyerahkan diri kepada polisi dan dibawa ke Rumah Sakit Mercy," kata Curt Conrad, seorang staf untuk anggota dewan kota Corey O'Connor.

Seorang pejabat kepolisian mengatakan kepada CNN ada sedikitnya 12 orang terkena tembakan dalam insiden itu.


Tiga polisi ditembak, kata seorang pejabat kepolisian dalam konferensi pers dadakan. Belum diketahui apakah tiga polisi nahas itu merupakan korban insiden penembakan di Sinagoge.

"Ada korban jiwa," kata kepala daerah Allegheny Rich Fitzgerald.

Seorang petugas polisi Pittsburgh Jason Lando sebelumnya mengatakan ada beberapa korban. Para petugas dikerahkan ke lokasi kejadian tak lama setelah menerima laporan aksi penembakan di Sinagoge bernama Pohon Kehidupan itu.

"Sangat dianjurkan kepada warga di komunitas di sekitar Sinagoge Pohon Kehidupan untuk tetap berada di rumah dan berlindung. Jangan keluar dari rumah sekarang. Situasi tidak aman," kata Lando.

Fred Rabner, seorang anggota Sinagoge mengatakan semua warga komunitas saling menelepon untuk memastikan orang-orang yang mereka cintai baik-baik saja.

"Semua orang terguncang dan marah," kata Rabner. "Ini mengerikan. Mengerikan."

Dalam websitenya, Sinagoge Pohon Kehidupan menyatakan menaungi jemaat Yahudi konservatif. Sinagog ini terletak di Squirrel Hill, sebuah lingkungan Yahudi yang bersejarah.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dirinya memantau situasi di Pittsburgh dan penegakan hukum sedang berlangsung.

"Warga di wilayah Squirrel Hill harus tetap berlindung. Tampaknya ada sejumlah korban jiwa. Waspada dengan tembakan. Tuhan berkati kita semua," kata Trump.

Gubernur Pennsylvania Tom Wolf di akun twitternya mengatakan situasi di Squirrel Hill serius. (wis)