Satu Pria Tewas Diserang Hiu di Australia

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 10:35 WIB
Satu Pria Tewas Diserang Hiu di Australia Ilustrasi. (Reuters/David Gray)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pria tewas akibat serangan hiu di kawasan wisata kepulauan Whitsunday, perairan lepas pantai Australia, pada Senin (5/11).

Juru bicara kepolisian setempat mengatakan bahwa insiden itu diperkirakan terjadi saat korban sedang mendayung dan berenang di dekat kapal sekitar pukul 17:30 waktu setempat.

"Pria itu kemudian dibawa ke pantai sebelum dibawa ke rumah sakit Mackay, di mana dia kemudian meninggal," katanya, sebagaimana dikutip AFP.
Juru bicara layanan Ambulans Queensland mengatakan bahwa pria itu digigit dan menderita luka parah di bagian kaki dan lengannya. Ia sempat sadarkan diri sebelum dibawa ke rumah sakit, tapi nyawanya tak selamat.


Kepulauan Whitsunday merupakan lokasi wisata popular yang berjarak 900 kilometer dari Brisbane. Hingga kini, serangan hiu di wilayah itu tergolong sangat jarang.

Namun, ini adalah insiden serangan hiu kedua di daerah wisata itu dalam beberapa bulan belakangan.
Pada September lalu, seorang gadis berusia 12 tahun dan seorang pria berusia 46 tahun menderita luka parah akibat serangan hiu di daerah yang sama.

Akibat serangan itu, empat hiu macan dimusnahkan dan penangkaran hiu dikendalikan oleh pemerintah Queensland, seperti dilansir dari Sydney Morning Herald.

Menurut laporan serangan hiu internasional dari Universitas Florida, Australia berada satu peringkat di bawah Amerika Serikat dalam jumlah pertemuan hiu yang tidak direncanakan dengan manusia. (cin/has)