Pemilu Sela AS, Demokrat Diprediksi Kuasai Dewan Perwakilan

CNN Indonesia | Rabu, 07/11/2018 12:56 WIB
Pemilu Sela AS, Demokrat Diprediksi Kuasai Dewan Perwakilan Ilustrasi. (Reuters/Andrew Kelly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berdasarkan hasil penghitungan cepat pemilu sela, Partai Demokrat diprediksi bakal mendominasi Dewan Perwakilan Amerika Serikat setelah menguasai 167 dari total 435 kursi dalam pemilihan Kongres Amerika Serikat, Selasa (6/11).

Media lokal AS, NBC melaporkan bahwa dengan hasil awal ini, Demokrat diprediksi akan memenangkan 229 kursi, sementara Partai Republik akan menguasai 206 kursi Dewan Perwakilan.

Beberapa media lain bahkan memprediksi Demokrat bisa merebut 23 kursi Dewan Perwakilan yang selama ini dikuasai Republik.
Dilansir Reuters, kemenangan Demokrat ini merupakan yang pertama sejak delapan tahun lalu. 


Sementara itu, dikutip AFP, dominasi Demokrat pada Dewan Perwakilan dipastikan memunculkan tantangan baru bagi Trump selama dua tahun ke depan di bawah kepemimpinannya.

Sejak dia menjabat di Gedung Putih pada awal 2017 lalu, Trump menikmati dukungan Dewan Perwakilan yang masih dikuasai Republik.
Dominasi Demokrat ini memberikan kewenangan partai untuk menguji setiap kebijakan hingga rancangan undang-undang yang dibentuk Trump.

Demokrat juga bisa memiliki kewenangan untuk mendorong Dewan Perwakilan menyelidiki pembayaran pajak Trump yang selama ini tidak pernah diungkapnya.

Dengan kemenangan Demokrat, penyelidikan perencanaan anggaran pemerintah yang selama ini dianggap buram di tangan Trump juga dapat semakin menjadi sorotan.
Lebih jauh, investigasi dugaan keterlibatan Rusia dalam piplres 2016 lalu juga dapat lebih jelas.

Meski begitu, kontrol dalam Kongres diperkirakan akan terbagi, sebab, di satu sisi Republik berhasil mempertahankan dominasinya di Senat.

Walau menang tipis, Republik sejauh ini berhasil menguasai 50 dari total 100 kursi Senat, sementara Demokrat hanya mampu mengamankan 40 kursi dan 1 kursi lainnya dipegang partai lain.

Pemilu sela ini disambut antusias. Sebagai bentuk dukungan, Empire State Building, salah satu gedung pencakar langit ikonis di New York, menyalakan lampu berwarna merah, putih, dan biru.

[Gambas:Instagram]

Sementara itu, Trump dikabarkan tidak akan mengeluarkan pernyataan hari ini terkait hasil pemilu Kongres. Namun, melalui Twitter-nya, Trump berkicau bahwa gelaran pemilu sela tersebut berjalan sukses.

"Sukses besar malam ini. Terima kasih semuanya," kicau Trump. (rds/has)