Berkinerja Buruk, Pegawai China Dipaksa Minum Urin

CNN Indonesia | Sabtu, 10/11/2018 03:02 WIB
Berkinerja Buruk, Pegawai China Dipaksa Minum Urin Ilustrasi. (Foto: Jafkhairi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu perusahaan renovasi properti di China memberlakukan sanksi yang terbilang ekstrem bagi para pegawai malas.

Perusahaan tersebut menyuruh para pegawainya untuk memilih sanksi antara meminum urin, memakan serangga seperti kecoa, atau dicambuk menggunakan ikat pinggang jika berkinerja buruk.

Sementara itu, berdasarkan gambar dan video yang tersebar di media sosial China dan dikutip media pemerintah, beberapa pegawai lainnya diharuskan mencukur kepala mereka, meminum air dari toilet, atau harus menerima gaji mereka ditahan selama sebulan.
Dikutip Reuters, jenis-jenis hukuman itu secara terbuka diumumkan pihak perusahaan di hadapan para stafnya. 


Selain itu, setiap pelanggaran atau kelalaian para pekerja akan dicatat pihak perusahaan dalam sebuah slip putih kecil.

Sejumlah pekerja bahkan telah mengundurkan diri dari perusahaan yang terletak di barat daya Provinsi Guizhou tersebut akibat sanksi ekstrem itu.
Namun, beberapa lainnya memilih untuk bertahan terlepas dari aturan-aturan yang berlaku mulai tahun ini.

Tiga manajer perusahaan itu sudah pernah dipenjara selama lima sampai 10 hari atas tuduhan telah mempermalukan orang lain, menurut unggahan biro keamanan publik setempat melalui akun media sosialnya.

Aturan ini disebut sebagian aktivis sedikit menggambarkan potret kondisi tenaga kerja kerah biru di China yang kejam, di mana para pekerja memiliki jam kerja melebihi batas normal dengan upah minim. (rds/has)