Jet Tempur AS Jatuh Di Laut Filipina, 2 Awak Selamat

CNN Indonesia | Senin, 12/11/2018 13:50 WIB
Jet Tempur AS Jatuh Di Laut Filipina, 2 Awak Selamat Ilustrasi jet tempur F/A18 Hornet milik Angkatan Laut Amerika Serikat. (LCPL JOHN MCGARITY, USMC via Wikimedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jet tempur F/A-18 Khusus Kapal Induk (CVW) milik Angkatan Laut Amerika Serikat jatuh saat melakukan latihan rutin di Laut Filipina, pada Senin (12/11). Kedua awak dikabarkan selamat dalam kejadian itu.

Melalui pernyataan, Angkatan Laut AS mengatakan kedua pilot langsung ditemukan dan diselamatkan oleh pesawat penyelamat dari kapal induk USS Ronald Reagan, yang baru saja menyelesaikan latihan perang Keen Sword 2018 bersama Angkatan Laut Jepang. Kabarnya jet tempur itu mengalami masalah teknis.
"Para kru pesawat segera diselematkan oleh pesawat pencari dan penyelamat CVN 76 dari USS Ronald Reagan, mereka dibawa ke atas kapal untuk mendapat perawatan medis. Kedua pilot dalam keadaan baik," kata Panglima Armada Ketujuh (7th) Angkatan Laut Amerika Serikat melalui keterangan resmi mereka.

Angkatan Laut AS menyatakan jet itu tengah melakukan misi mengawal kapal induk USS Ronald Reagan. Kapal induk itu sedang berlayar di kawasan Indo-Pasifik.


"Kecelakaan pesawat masih dalam penyelidikan," lanjut keterangan Armada Ketujuh Angkatan Laut AS.

Kecelakaan militer ini bukan yang pertama kali dialami angkatan laut AS. Pada Agustus 2017 lalu, kapal perang USS John McCain bertabrakan dengan kapal tanker di perairan Singapura, tepatnya di timur Selat Malaka.

Insiden tersebut menjadi yang keempat kalinya dialami kapal perang AS di perairan Asia sepanjang 2017.
Akibat kecelakaan itu, Angkatan Laut AS mencopot Laksamana Madya Joseph Aucoin dari posisinya sebagai komandan Armada Ketujuh Angkatan Laut AS. (rds/ayp)