Korban Tewas Kebakaran Hutan California Hampir 50 Orang

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 17:59 WIB
Korban Tewas Kebakaran Hutan California Hampir 50 Orang Kondisi Paradise City usai diterjang kebakaran hutan dan lahan. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan di California terus bertambah. Menurut tim evakuasi, jumlah korban meninggal hingga saat ini tercatat 48 orang.

Sejumlah enam jenazah baru ditemukan di sebuah kota di wilayah California utara pada Selasa (13/11).

Sherif Butte County, Kory Honea melakukan penghitungan jenazah setelah tim forensik bersama anjing pelacak mencari korban di bukit Sierra, sebelah utara San Fransisco.


"Kami menemukan sisa-sisa di berbagai negara bagian. Orang-orang terbakar parah. Beberapa dari mereka, tubuhnya hancur," kata dia.
Honea mengatakan sebanyak 100 pasukan Garda Nasional serta 150 personel tambahan telah dikerahkan untuk membantu pencarian jenazah korban kebakaran.

Pada hari keenam, kebakaran sudah menghancurkan lebih dari 8.800 rumah dan bangunan di kota Paradise, serta membuat lebih dari 50 ribu penduduk mengungsi.

Selama akhir pekan ini, pihak berwenang telah menemukan dua orang tewas di wilayah selatan California. Lebih dari 400 bangunan hancur serta 200 orang dievakuasi di dekat pantai Malibu.

Honea mengatakan jumlah orang hilang yang terdaftar sebanyak 228. Namun, mereka menerima lebih dari 1.500 permintaan untuk mencari seluruh warga dan kerabat keluarga yang hilang dalam kebakaran hutan dan lahan itu.

Dirinya juga belum memastikan berapa jumlah pasti orang yang hilang akibat kebakaran ini.

Beberapa tim forensik telah meminta bantuan untuk mengidentifikasi jenazah dari militer AS hingga unit antropologi forensik, untuk membantu pencarian para korban.
Pada Senin (12/11), Presiden AS, Donald Trump menyatakan kebakaran ini sebagai bencana nasional di California. Hal ini sesuai dengan permintaan dari Gubernur California, Jerry Brown agar bantuan darurat federal bisa tersalurkan ke daerah-daerah.

Insiden itu dicatat sebagai kebakaran paling besar dan mematikan dalam sejarah di California.

Kebakaran ini juga melampaui rekor jumlah kematian sejak kebakaran hutan di Taman Griffith pada 1993. (cin/ayp)