Diperiksa KPK Malaysia Lagi, Istri Najib Kemungkinan Ditahan

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 15:30 WIB
Diperiksa KPK Malaysia Lagi, Istri Najib Kemungkinan Ditahan Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. (REUTERS/Lai Seng Sin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, kembali diperiksa Komisi Anti-Korupsi (MACC) hari ini, Rabu (14/11). Ada kemungkinan dia akan ditahan usai pemeriksaan.

Selain Rosmah, MACC juga memeriksa mantan ajudan Rosmah, Rizal Mansor. Keduanya diduga terlibat penyalahgunaan dana proyek energi tenaga surya hibrida untuk sekolah-sekolah pedesaan di Sarawak sebesar 6,5 juta ringgit (Rp22,8 miliar).

MACC mulai menyelidiki proyek miliaran ringgit itu pada Juni lalu, sebelum pemilihan umum digelar pada Mei.
Proyek itu memicu kontroversi ketika pemerintahan Najib disebut menunjuk langsung Jepak Holdings, perusahaan berbasis di Bintulu, sebagai pemegang proyek tersebut.


Rosmah tiba di kantor MACC sekitar pukul 11.40 waktu Kuala Lumpur.

Dikutip The Strait Times, seorang sumber MACC tak menampik kemungkinan Rosmah dan Rizal ditahan setelah selesai diinterogasi penyidik.

Pengacara Rosmah, Geethan Ram Vincent membenarkan bahwa kliennya itu akan menghadapi sidang tuntutan besok sekitar pukul 08.30 waktu setempat.

Meski begitu, belum jelas tuntutan seperti apa yang akan dituduhkan jaksa kepada Rosmah dan Rizal.

Sementara itu, Rizal telah ditangkap MACC pada Juli lalu setelah diduga meminta fee kepada Jepak Holdings terkait proyek tersebut.
Pada Juni lalu, aparat juga menangkap seorang direktur, direktur pelaksana, dan seorang pengacara yang terlibat dalam proyek tersebut.

Sidang dakwaan besok merupakan yang kedua bagi Rosmah.

Pada 4 Oktober lalu, Rosmah telah lebih dulu dituntut 17 dakwaan terkait pencucian uang sebesar 7 juta ringgit. Perempuan 66 tahun itu juga pernah ditahan sehari sebelum sidang dakwaan berlangsung. (rds/ayp)