Singapura Kerahkan Robot Bantu Polisi Amankan KTT ASEAN

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 04:20 WIB
Singapura Kerahkan Robot Bantu Polisi Amankan KTT ASEAN Kepolisian Singapura mengerahkan robot untuk membantu mengamankan Suntec City, lokasi KTT ASEAN ke-33 yang berlangsung pada Selasa (13/11) hingga Kamis (15/11). (Reuters/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Singapura (SPF) mengerahkan robot untuk membantu mengamankan Suntec City, lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-33 yang berlangsung sejak Selasa (13/11) hingga Kamis (15/11) mendatang.

SPF menyatakan bahwa robot tersebut bisa bergerak secara mandiri dengan rute yang telah dipetakan. Robot yang dilengkapi kamera 360 derajat itu juga mampu mendeteksi dan menghindari sejumlah rintangan.

Dikutip Channel NewsAsia, robot tersebut juga memiliki interkom dan dapat berfungsi sebagai pos komando polisi.
SPF menyatakan robot tersebut membantu dan melengkapi peran petugas di lapangan untuk mengamankan serta mengawasi lokasi KTT dari setiap aktivitas yang dianggap mencurigakan.


Robot tersebut, juga bisa memproyeksikan serta menggantikan kehadiran petugas kepolisian dalam beberapa kasus sehingga para personel bisa mengalihkan fokusnya untuk hal yang lebih besar dan darurat.

Prototipe robot ini dirancang melalui kolaborasi polisi dan industri mitra. Robot tersebut merupakan bagian dari proyek percobaan eksplorasi potensi robot meningkatkan kemampuan operasional SPF.

"Ini adalah langkah positif dalam upaya kami untuk membangun aset robotik kami yang dapat digunakan dalam berbagai aspek kepolisian seperti dalam operasi keamanan selama peristiwa besar, dalam keterlibatan masyarakat, dan pengamanan protektif," demikian pernyataan SPF, Rabu (14/11).
Selain, SPF dilaporkan telah mengerahkan ratusan personelnya untuk mengamankan lokasi KTT. Selain itu, kepolisian juga memasang kamera CCTV di berbagai sudut lokasi, alat pendeteksi metal, dan mesin X-rays di setiap pintu masuk ke Suntec Convention Centre.

Tak hanya pemimpin 10 negara anggota ASEAN, KTT kali ini juga dihadiri sejumlah petinggi negara mitra ASEAN seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Perdana Menteri China Li Keqiang, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence, PM Jepang Shinzo Abe, dan PM Australia Scott Morrison.

Presiden Joko Widodo juga hadir dalam KTT ke-33 ini. Dalam rangkaian acara selama tiga hari itu, Jokowi dijadwalkan menggelar sejumlah pertemuan bilateral dengan Presiden Putin, PM Morrison, dan PM Abe. (rds/has)