Wapres AS Ikut KTT ASEAN, 2 Kapal Induk Dikirim ke Filipina

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 14:15 WIB
Wapres AS Ikut KTT ASEAN, 2 Kapal Induk Dikirim ke Filipina Kapal Induk Angkatan Laut Amerika Serikat, USS John C. Stennis. (Ron Reeves via Wikimedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Angkatan Laut Amerika Serikat menyatakan mengirim dua kapal induknya untuk melakukan latihan perang di perairan Filipina. Mereka menyatakan sengaja mengirim armadanya untuk unjuk kekuatan di kawasan Asia, terutama kepada China.

Latihan militer itu dilakukan AS bersamaan dengan lawatan Wakil Presiden Mike Pence ke mengunjungi Singapura, guna menghadiri pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN dan sejumlah negara mitra termasuk China, Korea Utara, dan Rusia.
"Membawa dua armada penyerang dalam waktu bersamaan menunjukkan kekuatan tempur angkatan laut yang tak tertandingi," ucap Komandan Armada Ketujuh (7th Fleet) Angkatan Laut AS, Wakil Laksamana Phil Sawyer pada Rabu (15/11).

Latihan perang itu disebut dilakukan Amerika Serikat guna memamerkan kekuatan militer kepada China dan Korut.


Melalui keterangan tertulis, Armada Ketujuh Angkatan Laut AS menyatakan dua kapal induk itu adalah USS Ronald Reagan dan USS John C. Stennis.

USS Ronald Reagan dikerahkan dari pangkalannya di Okinawa, Jepang. Sementara itu, USS John C Stennis dikirim dari pangkalan AL AS di pesisir barat.
Dikutip Reuters, kedua kapal induk itu membawa sekitar 150 jet tempur dalam latihan perang tersebut.

Sebelum menggelar latihan di Laut Filipina, USS Ronald Reagan juga baru merampungkan simulasi perangnya yang terbesar di sekitar Jepang bulan ini.

Latihan tersebut melibatkan puluhan kapal perang, ratusan jet tempur, dan ribuan personel AS dan Jepang. (rds/ayp)