PM Inggris Tunjuk Stephen Barclay Jadi Menteri Brexit Baru

CNN Indonesia | Sabtu, 17/11/2018 02:14 WIB
PM Inggris Tunjuk Stephen Barclay Jadi Menteri Brexit Baru PM Inggris Theresa May angkat dua menteri baru. (REUTERS/Simon Dawson/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Inggris Theresa May menunjuk Stephen Barclay sebagai Menteri Brexit yang baru, Jumat (16/11).

Barclays, yang merupakan Menteri Kesehatan Junior Inggris itu menggantikan Dominic Raab yang sudah mengundurkan diri Kamis (15/11) kemarin karena keputusan PM May yang akan terus berjuang meloloskan perjanjian Brexit.

Berdasarkan laporan Reuters, Juru bicara PM Inggris memastikan May secara pribadi akan mengawasi 10 hari terakhir negoisasi dengan Uni Eripa mengenai kerangka kerja sama ke depan.


Barclays merupakan orang ketiga yang May percayakan untuk mengawasi kebijakan penarikan diri Inggris dari Uni Eropa sebagai Menteri Brexit. Sebelum Raab, David Davis sudah lebih dulu mundur sebagai Menteri Brexit karena protes terhadap kebijakan May.


Angkat Bekas Menteri

Sementara itu, May juga mengangkat Mantan Menteri Dalam Negeri Inggris Amber Rudd menjadi Menteri Pekerja dan Pensiun Inggris.

Rudd menggantikan Esther McVey yang mengikuti langkah Raab mundur karena keputusan Brexit yang diambil May bulan Mei lalu.

Tantangan yang dihadapi Perdana Menteri May guna menyukseskan rencana Inggris keluar Uni Eropa kian sulit setelah Menteri Brexit Dominic Raab memutuskan mengundurkan diri pada Kamis (15/11).

Raab mengatakan dirinya "harus mengundurkan diri" lantaran berbeda pendapat terkait proposal Brexit yang baru-baru ini disepekati Inggris dan Uni Eropa, terutama terkait nasib perbatasan Irlandia.

"Saya tidak dapat melihat kesesuaian ketentuan-ketentuan yang ada dalam kesepakatan Brexit dengan perjanjian yang kami sepakati dengan bangsa ini," ucap Raab dalam surat pengunduran diri yang ia unggah di akun Twitternya seperti dikutip AFP.

"Saya meyakini bahwa rezim regulasi yang diusulkan untuk Irlanida Utara memicu ancaman nyata terhadap integritas Kerajaan Inggris."



(dal/DAL)