Sohib Bos Kartel Narkoba Meksiko El Chapo Meninggal

CNN Indonesia | Senin, 19/11/2018 12:25 WIB
Sohib Bos Kartel Narkoba Meksiko El Chapo Meninggal Gembong narkoba Meksiko Joaquin 'El Chapo' Guzman. (REUTERS/Edgard Garrido)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rekan gembong narkoba Meksiko, Joaquin 'El Chapo' Guzman, Hector Beltran Leyva dikabarkan meninggal. Menurut informasi, dia mengembuskan napas terakhir akibat serangan jantung di dalam penjara di negara itu.

"Narapidana Hector Manuel Beltran Leyva alias 'H', meninggal di rumah sakit Toluca akibat serangan jantung," kata pejabat setempat dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Senin (19/11).
Sebelumnya, Leyva bersama dengan saudara-saudaranya Alfredo, Arturo, dan Carlos merupakan anggota kartel Sinaloa dipimpin Guzman. Mereka berpisah pada 2008 dan membuat kartel sendiri atas nama Beltran Leyva sebagi pesaing dari kartel Guzman.

Mereka ditangkap pada Oktober 2014 di sebuah restoran di San Miguel de Allende, Meksiko.


Sedangkan Guzman sedang menjalani sidang di New York, Amerika Serikat. Melalui kuasa hukumnya dia menuding mantan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan pemimpin sebelumnya, Felipe Calderon menerima suap dari kartel pesaingnya. Klaim itu disampaikan kuasa hukum Guzman, Jeffrey Lichtman dalam sidang perdana kliennya di New York.

Dia berdalih kliennya hanya dijadikan kambing hitam atas persaingan kartel narkoba setempat.
Jeffrey beralasan yang berperan penting dalam kartel narkoba Sinaloa bukan kliennya, melainkan tangan kanan Guzman, Ismael 'El Mayo' Zambada.

Guzman dituduh menyelundupkan lebih dari 155 ton kokain ke AS selama lebih dari 25 tahun. Dirinya akan divonis hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah. (cin/ayp)