Rakyat Filipina Tolak Xi Jinping dengan Meme Winnie The Pooh

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 20/11/2018 14:35 WIB
Rakyat Filipina Tolak Xi Jinping dengan Meme Winnie The Pooh Rakyat Filipina menggelar aksi protes terhadap kedatangan presiden China Xi Jinping. (ALJIBE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lini masa Twitter dan Facebook Filipina pada Selasa ini dibanjiri meme-meme Winnie the Pooh, suatu sentimen anti-China untuk merespons kunjungan kenegaraan perdana Presiden Xi Jinping ke Manila.

Tokoh komik yang digambarkan sebagai "beruang berotak kecil" pada masa lalu digunakan netizen untuk mengolok-olok Xi. Lelucon ini direspons oleh badan sensor Beijing dengan ketat.

Dalam satu potongan video yang diunggah Selasa, Pooh membungkuk di depan cermin sementara frasa "Sembah Setan" berkedip di layar. Di meme lain, Pooh mengapung di dekat sebuah pulau buatan yang dibangun Beijing di Laut China Selatan, suatu area yang kini menjadi sengketa antara Filipina dan China.

"Karena Winnie the Pooh dilarang di China, karena dia (Pooh) adalah gambar identik Xi Jinping, mari kita protes kehadirannya (Xi) dengan menggungah foto-foto dirinya dengan kembarannya," ujar seorang pengguna Facebook bernama Wilfredo Garrido.


Banyak rakyat Filipina membenci klaim Beijing atas sebagian besar area Laut China Selatan, yang berdasarkan keputusan pengadilan internasional pada 2016 dinyatakan tanpa dasar.

Perselisihan itu menyebabkan membekunya hubungan Beijing-Manila.

Semua itu berubah ketika Rodrigo Duterte memenangi kursi kepresidenan sesaat sebelum putusan dijatuhkan.

Dia memilih untuk mengesampingkan prinsip-prinsip nilai untuk mengejar miliaran dalam perdagangan dan investasi dari China. Keputusan Duterte itu dilihat banyak rakyat Filipina sebagai penghancuran dari wilayah yang menjadi hak mereka.

Perbandingan antara Xi dan Pooh pertama kali muncul pada 2013, setelah pengguna media sosial di China mulai memviralkan dua foto yang menempatkan gambar Pooh dan teman harimaunya "Tigger" di samping foto Xi berjalan dengan Presiden AS Barack Obama.

Pada 2014, sebuah jabat tangan antara Xi dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dicocokkan dengan gambar Pooh yang mencengkeram kuku teman keledainya, Eeyore.

Pada 2015, portal analisis politik Global Risk Insights menyebut foto Xi yang berdiri melalui atap mobil parade dipasangkan dengan gambar mobil mainan Winnie the Pooh sebagai "foto paling disensor China" tahun itu.
(vws)