Gempa 6,3 Magnitudo Guncang Iran, 200 Orang Terluka

CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 04:42 WIB
Gempa 6,3 Magnitudo Guncang Iran, 200 Orang Terluka Gempa Iran. (CNN/Artho Viando).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi berkekuatan 6,3 magnitudo mengguncang Iran, tepatnya di perbatasan barat dengan Irak. Sekitar 200 orang dilaporkan terluka akibat lindu tersebut.

Getaran itu juga dirasakan di ibukota Irak Baghdad dan di Kuwait. Namun tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini.

"Sekitar 200 hingga 210 orang telah terluka, tetapi tidak ada korban jiwa," kata gubernur provinsi Kermanshah, Houshang Bazvand, mengatakan kepada televisi negara, diktuip Reuters, Senin (26/11).


Saat ini muncul kekhawatiran gempa susulan dan membuat orang-orang di beberapa kota di provinsi barat Kermanshah keluar dari rumah dan gedung-gedung. Mereka berkumpul di jalan-jalan dan taman-taman dalam cuaca dingin. Tim penyelamat pun segera dikerahkan ke daerah yang terkena gempa.

"Belum ada laporan tentang korban jiwa dan sebagian besar korban terluka saat melarikan diri, bukan karena kerusakan akibat gempa," kata Pirhossein Koulivand, kepala layanan darurat Iran menambahkan.


Dari laporan yang diterima gempa tersebut memicu tanah longsor. Namun para pejabat mengatakan semua jalan di daerah sekitar gempar itu tetap terbuka untuk lalu lintas tim penyelamat. Sedangkan listrik yang sempat padam telah dipulihkan di sebagian besar wilayah yang terkena gempa.

Media Iran mengatakan tremor dirasakan di setidaknya tujuh provinsi di Iran. Paling kuat di provinsi Kermanshah, tempat tahun lalu lebih dari 600 orang tewas dan ribuan orang terluka saat gempa paling mematikan di Iran dalam lebih dari satu dekade.

"Untungnya, gempa itu tidak di dekat kota-kota besar. Tapi itu mungkin telah menyebabkan kerusakan di desa-desa dan saya berharap tidak banyak desa yang terletak di tempat itu terkena," Ali Moradi, kepala pusat seismologi Iran.


Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa terjadi pada kedalaman 65 km (40 mil) dan menghantam 114 km barat laut kota Ilam, dekat perbatasan Iran dengan Irak.

Iran duduk di garis patahan utama dan rentan terhadap gempa yang sering terjadi. November lalu, gempa berkekuatan 7,3 mengguncang provinsi Kermanshah. Pada tahun 2003, gempa berkekuatan 6,6 di provinsi Kerman menewaskan 31.000 orang dan meratakan kota bersejarah Bam. (osc)