FOTO: Panas Gas Air Mata Adang Imigran Honduras ke AS

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 17:27 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Menghindari baku tembak antar-geng di kampung halamannya, para imigran dari Honduras menghadapi tembakan gas air mata ketika mencoba menerobos perbatasan AS.

Menempuh perjalanan panjang demi menghindari baku tembak antar-geng di kampung halamannya, para imigran dari Honduras masih harus menghadapi tembakan gas air mata ketika mereka mencoba menerobos perbatasan Meksiko menuju Amerika Serikat. (Reuters/Alkis Konstantinidis)
Kebanyakan dari mereka sudah siap dengan konsekuensi ini karena sejak gelombang imigran bergerak dari Amerika Tengah, Presiden Donald Trump sudah mengancam akan melakukan tindakan keras untuk membendung mereka. (Reuters/Jorge Duenes)
Aparat di Meksiko sendiri sudah meminta agar para imigran menunggu dan mengikuti proses pengajuan suaka resmi. Namun, sebagian besar para imigran sudah tidak tahan dengan keadaan di sekitar kamp yang juga penuh kekerasan. (Reuters/Adrees Latif)
Mereka pun tetap memaksa masuk. Pada Minggu (25/11) pagi, mereka sudah berkumpul di jembatan di Meksiko menuju AS. (Reuters/Kim Kyung-Hoon) 
Ketika para imigran bertambah beringas karena perlakuan petugas saat mereka berdemonstrasi, penjaga di AS pun menutup perbatasan selama beberapa jam. (Reuters/Adrees Latif)
Para petugas pun menembakkan gas air mata hingga imigran di dekat perbatasan itu membubarkan diri, sementara helikopter aparat Meksiko berputar di atas mereka. (Reuters/Hannah McKay)
Seorang saksi mata mengatakan kepada Reuters bahwa suasana langsung kacau balau. Seorang gadis terlihat jatuh tak berdaya sementara dua bayi menangis meraung-raung. (Reuters/Lucy Nicholson)
Kini, nasib para imigran semakin terkatung-katung. Enggan tinggal di Meksiko, tapi tak diperbolehkan masuk ke AS. (Reuters/Adrees Latif)