Mantan Menteri Norwegia Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

CNN Indonesia | Sabtu, 01/12/2018 03:41 WIB
Mantan Menteri Norwegia Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Ilustrasi (Istockphoto/Coldsnowstorm)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan menteri kabinet Norwegia dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap tiga pencari suaka. Pelecehan seksual itu disebut-sebut terjadi selama beberapa tahun lamanya.

Svein Ludvigsen (72) didakwa dengan tuduhan penyalahgunaan wewenang. Dia dinilai telah mengambil keuntungan dari posisinya sebagai pejabat pemerintahan untuk mengeksploitasi situasi rentan para pencari suaka.

"Kejaksaan telah menuduh mantan politisi itu dengan pelecehan seksual terhadap tiga orang," ujar Jaksa Tor Borge Nordmo, melansir AFP.



Ketiganya merupakan perempuan dewasa yang usianya jauh lebih muda dari Ludvigsen. Salah satu di antaranya menderita cacat intelektual ringan.

Peristiwa pelecehan seksual tersebut terjadi selama kurun waktu 2011 hingga 2017. Kejadian terjadi di kediaman Ludvigsen, rumah peristirahatannya, hotem, dan bahkan di kantor pemerintahan Tromso.

Kendati demikian, Ludvigsen yang telah ditangkap sejak awal 2018 ini membantah tudingan-tudingan tersebut.

Sebelum menjadi gubernur, mantan politisi konservatif ini memegang beberapa jabatan tinggi, termasuk jabatan Menteri Perikanan periode 2001-2005.
(asr)