Trump Berduka George HW Bush di Sela KTT G20

CNN Indonesia | Sabtu, 01/12/2018 14:02 WIB
Trump Berduka George HW Bush di Sela KTT G20 George H.W. Bush. (Reuters/Rick Wilking)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memberi penghormatan kepada mendiang George Herbert Walker Bush dengan pujian. Trump mengatakan bahwa selama masa hidupnya Bush telah melayani bangsa dan memiliki "kepemimpinan yang tak tergoyahkan" selama masa suram Perang Dingin.

"Melania dan saya serta seluruh negara berduka atas kepergian mantan presiden George H.W. Bush," kata Trump dalam sebuah pernyataan di Buenos Aires, Argentina saat menghadiri KTT G20, seperti disiarkan AFP, Sabtu (1/12).

"Melalui kecerdasan dan komitmennya yang kuat pada keluarga, bangsa dan negara, Presiden Bush telah menjadi motivasi bagi generasi selanjutnya dan rekan-rekannya sesama warga Amerika Serikat untuk melayani masyarakat.


Presiden Amerika Serikat (AS) ke-41, George Herbert Walker Bush dikabarkan meninggal dunia pada Jumat malam (30/11) di Houston, Texas pada usia 94 tahun. Tokoh kenamaan yang lahir di Milton, Massachusetts ini terkenal karena pernah memerintahkan militer AS mengusir tentara Irak dari Kuwait.

Pada 17 April 2018, istri Bush, Barbara, meninggal dunia. Tak lama setelah istrinya wafat, Bush dirawat karena infeksi. Kondisi fisiknya yang rapuh kian menurun sejak itu. Dia juga sempat beberapa kali masuk rumah sakit.

Bush meninggalkan enam orang anak, yakni Presiden AS ke-43 George Walker Bush, Robin, John yang lebih dikenal dengan sapaan Jeb, Neil, Marvin, serta Dorothy.

Trump Puji George HW Bush di Sela KTT G20Foto: CNN Indonesia/Fajrian
(ghn/fea)