FOTO: Rompi Kuning Kembali Ricuh Protes Kenaikan BBM di Paris

Reuters, CNN Indonesia | Minggu, 02/12/2018 14:59 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah demonstrasi secara nasional sekitar dua pekan, kerusuhan kembali pecah di Paris, menolak kenaikan harga BBM.

Pemrotes yang dijuluki rompi kuning memenuhi jalan-jalan di seluruh Prancis selama dua pekan terakhir. (Reuters/Eric Gaillard)
Kerusuhan kembali pecah pada Sabtu (1/2) di pusat kota Paris. Mereka memprotes kenaikan harga BBM. Kerusuhan ini adalah yang terparah di negara itu dalam lebih dari saru dekade terakhir. (Reuters/Stephane Mahe)
Nama rompi kuning sendiri diambil dari pakaian yang dikenakan demonstran yang rata-rata merupakan para sopir. (Reuters/Stephane Mahe)
Di Paris, demonstran bentrok dengan polisi, membakar bangunan dan mobil, menjarah toko-toko, dan menghancurkan jendela-jendela. (Reuters/Stephane Mahe)
Menurut polisi, di Paris mereka menangkap sekitar 300 orang, sementara 110 orang terluka termasuk 20 anggota pasukan keamanan. (Reuters/Stephane Mahe)
Di beberapa lokasi yang luput dari kehadiran polisi, pria-pria dengan topeng muncul di tengah bangunan ikonis kota, menghancurkan jendela butik-butik desainer ternama. (Reuters/Stephane Mahe)
Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang pada Sabtu kemarin berada di Argentina untuk menghadiri pertemuan G20, dijadwalkan kembali ke Prancis hari ini, Minggu (2/12). (Reuters/Stephane Mahe)
Dari Buenos Aires, Macron mengatakan ia tidak bisa mentolerir penjarahan, serangan terhadap aparat dan pengrusakan terhadap properti umum. Ia menyebu menghormati perbedaan, namun menentang semua bentuk kekerasan. (Reuters/Stephane Mahe)
Protes dimulai tiba-tiba pada 17 November lalu, dan menyebar dengan cepat lewat media sosial. Pemrotes memblokir jalanan, akses ke pusat perbelanjaan, pabrik, hingga depot bahan bakar. (Reuters/Stephane Mahe)
Protes ini disebut membahayakan posisi Macron yang bahkan sebelum kerusuhan sudah mengalami penurunan popularitas sebanyak 20 persen. (Reuters/Stephane Mahe)