Kata-kata Terakhir George H.W Bush Sebelum Meninggal

CNN, CNN Indonesia | Minggu, 02/12/2018 18:43 WIB
Kata-kata Terakhir George H.W Bush Sebelum Meninggal Bush senior dan junior, Presiden AS ke-41 dan ke-43. (Reuters/Mike Stone)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mendiang Presiden Amerika Serikat ke-41 George H.W Bush sempat mengucapkan kalimat terakhir dalam sambungan telepon dengan putranya, George W. Bush.

Seorang sumber CNN menyebut dalam sambungan telepon itu, putranya mengatakan bahwa Bush senior sudah menjadi seorang "ayah yang baik".

"Saya juga menyayangimu," merupakan balasan Bush, dan menjadi kata-kata terakhir sebelum kepergiannya.


Pembicaraan telepon terakhir Bush ini pertama kali dilaporkan oleh The New York Times.


Sepanjang tahun ini, Bush sudah beberapa kali dirawat di rumah sakit, terutama setelah kepergian istrinya Barbara pada 17 April lalu. Namun beberapa tahun belakangan, Bush memang sudah menderita beberapa masalah kesehatan, termasuk Parkinson.

Dalam beberapa jam terakhir sebelum ia menghembuskan napas terakhirnya, Bush sempat ditawarkan untuk ke rumah sakit, namun ia menolaknya.

Bush malah mengatakan bahwa ia sudah siap pergi untuk bersama kembali dengan Barbara, istrinya selama 73 tahun, dan mendiang anak perempuan mereka Robin, yang meninggal karena leukemia ketika masih kecil.

Bush, 94, meninggal pada Jumat malam (30/11) di rumahnya di Houston, dikelilingi oleh keluarganya, termasuk putranya Neil Bush dan istrinya Maria, sahabatnya mantan Menteri Luar Negeri AS James Baker, dan cucunya Pierce Bush.


"Ini sangat emosional," kata Neil yang menyaksikan kepergian ayahnya. "Ini adalah akhir dari sebuah hidup yang luar biasa."

Ia mengatakan bahwa semua anak dan cucu Bush sempat mengungkapkan kasih sayang mereka kepada Bush di menit-menit terakhir hidup veteran Perang Dunia II itu.

"Ada Jimmy Baker dan Susan Baker di sana, mendoakan dan mengungkapkan kasih sayang untuknya, dan pastor kami," kata Neil. "Itu adalah saat yang indah. Ia berada di pelukan penuh cinta keluarga."

Bush akan disemayamkan National Cathedral di Washington, lalu di Gereja St. Martin Episcopal di Houston.

Ia akan dimakamkan pada Rabu besok, di George H.W Bush Presidential Library di Texas, di samping Barbara dan anak mereka, Robin. (stu)