Malaysia Akan Masukkan Skandal 1MDB dalam Kurikulum Sekolah

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 12:10 WIB
Malaysia Akan Masukkan Skandal 1MDB dalam Kurikulum Sekolah Ilustrasi. (ReutersOlivia Harris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malaysia akan memasukkan isu skandal korupsi besar-besaran lembaga 1Malaysia Development Berhad (1MDB) dalam kurikulum pelajaran sejarah di sekolah-sekolah.

"Saya akan memastikan 1MDB dan bagaimana sejumlah pemimpin merampok negara dimasukkan ke dalam buku sejarah agar generasi penerus tidak melakukan kesalahan serupa," ujar Menteri Pendidikan Malaysia, Maszlee, seperti dilansir The Straits Times, Senin (3/12).

Maszlee mengutarakan gagasan ini ketika menanggapi sejumlah pertanyaan dari seorang anggota parlemen, Ahmad Maslan, dalam sebuah rapat.
Saat itu, Ahmad bertanya apakah mata pelajaran sejarah akan diajarkan di sekolah-sekolah swasta, termasuk 60 sekolah independen China di Malaysia.


Ahmad juga bertanya soal seberapa lama usia satu peristiwa yang dapat dimasukkan ke dalam kategori sejarah.

Serangkaian pertanyaan ini dilontarkan di tengah wacana Maszlee untuk membentuk komite peninjau peningkatan buku teks sejarah dan metode pengajarannya.
Skandal 1MDB sendiri disebut-sebut sebagai salah satu kasus korupsi terbesar sepanjang sejarah Malaysia, yang menyeret nama mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Keseluruhan kasus ini pertama kali menjadi perhatian publik setelah pada 2015 Wall Street Journal melaporkan aliran dana sebesar US$700 juta dari 1MDB ke rekening pribadi Najib.

Sejauh ini, Najib telah dijerat 40 dakwaan, termasuk pencucian uang dan penyalahgunaan kekuasaan dalam skandal 1MDB. (has/has)