Presiden Nigeria Bantah Rumor Meninggal dan Diganti Kloning

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 13:35 WIB
Presiden Nigeria Bantah Rumor Meninggal dan Diganti Kloning Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, membantah rumor bahwa dirinya telah meninggal dunia dan digantikan oleh seorang peniru gaya asal Sudan. (Reuters/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, membantah rumor bahwa dirinya telah meninggal dunia dan digantikan oleh seorang peniru gaya asal Sudan.

"Ini saya yang sebenarnya, saya bisa jamin. Saya akan merayakan ulang tahun ke-76 sebentar lagi, dan saya akan tetap berdiri gagah," tutur Buhari pada warga Nigeria ketika menghadari suatu konferensi di balai kota Polandia, seperti dikutip Reuters, Senin (3/12).

Bantahan Buhari ini disebarkan melalui surel pernyataan berjudul "Ini Saya yang Sesungguhnya, Presiden Buhari Menanggapi Tuduhan Peniruan."
Rumor ini mulai berembus tahun lalu, ketika Buhari, yang akan kembali mencalonkan diri pada pemilihan presiden Februari mendatang, menghabiskan lima bulan di Inggris untuk mengobati penyakit yang dirahasiakan.


Setelah kembali ke Nigeria, teori bahwa dirinya meninggal dunia ketika sakit mulai beredar di media sosial. Sebuah rumor bahkan menyebut bahwa sosoknya telah digantikan oleh seseorang dengan paras serupa, yakni Jubril dari Sudan.
Kendati tak menyuguhkan bukti konkret, video-video teori yang diunggah lewat Youtube dan Facebook itu sudah ditonton hingga ribuan kali.

Buhari pun menyebut para penyebar desas-desus tersebut sebagai orang yang tak berempati dan tidak religius.

"Banyak yang menginginkan saya meninggal dunia ketika saya terserang penyakit," katanya. (fey/has)