Sully, Anjing George HW Bush Setia Menjaga di Samping Peti

CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 08:28 WIB
Sully, Anjing George HW Bush Setia Menjaga di Samping Peti Ketika jasad George HW Bush dibaringkan di Gedung Capitol, Senin (3/12), anjing sang Presiden Amerika Serikat ke-41 itu, Sully, turut menyita perhatian publik. (Courtesy Office of George H. W. Bush-Evan Sisley/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika jasad George HW Bush dibaringkan di Gedung Capitol pada Senin (3/12), anjing sang Presiden Amerika Serikat ke-41 itu, Sully, turut menyita perhatian publik.

Sully pertama kali menarik perhatian ketika juru bicara Bush, Jim McGrath, mengunggah satu foto melalui akun Twitter pribadinya dengan keterangan, "Misi rampung."

Foto itu memperlihatkan Sully sedang meringkuk dengan wajah muram, menjaga peti Bush yang dilapisi bendera AS.




Potret Sully itu juga diunggah oleh akun Facebook resmi America's VetDogs, lembaga yang merawat anjing tersebut sejak lahir.

Dalam keterangan fotonya, America's VetDogs menjelaskan bahwa Sully nantinya akan dibawa ke Walter Reed Bethesda untuk membantu terapi fisik bagi tentara yang terluka dan sedang dalam masa pemulihan.

Sejak awal, anjing jenis labrador itu memang dirawat VetDogs untuk program bagi narapidana agar bisa mengajarkan kemampuan dasar pada binatang.
Sully kemudian dikirim untuk salah satu program di kampus di Smithtown, New York, AS.

Saat menginjak usia dua tahun, Sully diberikan kepada Bush pada Juni lalu. Bush pertama kali bertemu Sully di hari yang sama ketika ia menerima kunjungan dari mantan Presiden Bill Clinton di rumahnya di Maine.

Mengidap penyakit parkinson, Bush menghabiskan sisa usianya dengan duduk di kursi roda atau skuter bermotor.

[Gambas:Video CNN]

Sully dengan setia membantu Bush ketika mantan presiden itu menjatuhkan barang, atau ingin membuka dan menutup pintu, hingga menekan tombol darurat, bahkan membantunya berdiri.

Salah satu putra Bush, Jeb Bush, mengatakan bahwa meski Sully sudah tak akan berkeliaran di rumah keluarganya, ia yakin anjing tersebut akan membawa sukacita bagi para veteran di Walter Reed.

Membalas kicauan Jim McGrath, Jeb Bush menulis, "Sully akan tetap menjaga." (has/has)