Polisi Italia Bongkar Jaringan Mafia Cosa Nostra

CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 20:40 WIB
Polisi Italia Bongkar Jaringan Mafia Cosa Nostra Ilustrasi borgol. (Istockphoto/BrianAJackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Italia berhasil mengungkap kelompok kejahatan mafia yang ternyata masih bercokol di Pulau Sisilia. Puluhan orang anggota mafia, termasuk sang petinggi turut ditangkap dalam operasi itu.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (4/12), aparat kepolisian menangkap 45 orang anggota kelompok mafia Cosa Nostra. Dalam operasi itu, sang pimpinan (Capo dei Capi) yang bernama Settimo Mineo (80) turut dibekuk.

"Penangkapan ini menjadi salah satu upaya pengungkapan mafia terbesar. Mineo dipilih untuk menggantikan Toto Riina yang meninggal," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Luigi Di Maio.
Menurut penjelasan aparat, Mineo terpilih menggantikan Riina pada 29 Mei lalu melalui sebuah pemilihan oleh para 'kepala keluarga' mafia. Selama ini dia menjalankan usaha perhiasan. Penegak hukum setempat menduga kelompok Cosa Nostra di Sisilia mencoba bangkit kembali setelah 25 tahun, terutama selepas Riina meninggal di penjara saat menjalani hukuman.


Salvatore 'Toto' Riina dipenjara lebih dari 25 tahun karena memerintahkan sejumlah pembunuhan. Targetnya termasuk dua jaksa penuntut umum.

Mineo divonis 5 tahun penjara karena terlibat kejahatan yang dilakukan mafia pada 1986 sampai 1992. Dia dituntut oleh jaksa Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino.
Keduanya dibunuh pada 1992 atas perintah Riina. Karena hal itulah aparat Italia bekerja keras melawan kelompok Cosa Nostra.

Para petinggi mafia Cosa Nostra satu persatu dijebloskan ke balik jeruji besi. Hal itu membuat bisnis penduduk setempat kembali bergairah dan mereka tidak khawatir lagi akan mafia.

"Karena operasi Kepolisian Palermo yang luar biasa, mereka berhasil mencokok pemimpin baru Cosa Nostra," kata Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Salvini.

Kisah kejahatan mafia juga kerap dituangkan dalam karya sastra dan film. Salah satu yang mendunia adalah film The Godfather, tentu di samping film-film lainnya.
Kini kepolisian Italia masih memburu seorang petinggi mafia bernama Matteo Messina 'Diabolik' Denaro. Lelaki asal Provinsi Trapani, Sisilia menjadi buronan sejak 1993. (ayp/ayp)