Amerika Serikat Dukung Israel Hancurkan Terowongan Hizbullah

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 22:58 WIB
Amerika Serikat Dukung Israel Hancurkan Terowongan Hizbullah Ilustrasi. (Foto: Maruf Khatib)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gedung Putih memberikan dukungan penuh terhadap operasi yang dilakukan oleh militer Israel, terkait penghancuran terowongan Hizbullah  di kawasan perbatasan Lebanon.

Penasihat Keamanan Nasional Presiden Amerika Serikat, John Bolton, mengatakan Amerika Serikat mendukung penuh segala tindakan Israel yang dilakukan untuk mempertahankan kedaulatannya.


"Dalam konteks lebih luas, kami menyerukan kepada Iran dan semua agennya untuk menghentikan agresi dan provokasi regional mereka," ujar Bolton, seperti yang dikutip dari AFP, Selasa (4/12).


"Aksi tersebut merupakan ancaman yang tidak dapat diterima oleh keamanan Israel dan kawasan sekitarnya."

Pernyataan mengejutkan itu muncul beberapa jam setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, di Brussels mengenai bahaya regional. Keduanya saling mengingatkan tentang kegiatan Iran.



Netanyahu mengatakan ia membahas operasi tersebut dengan Pompeo, dan menyebut terowongan itu sebagai pelanggaran terhadap resolusi PBB yang bertujuan mengakhiri perang tahun 2006 antara Israel dan kelompok militan Syiah, Hizbullah.

Belum jelas berapa banyak terowongan yang ada, atau apa yang akan dilakukan oleh militer Israel untuk menghancurkannya. (agr)