Pengawal Kehormatan Antar Jasad George HW Bush ke Liang Lahad

CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 06:40 WIB
Pengawal Kehormatan Antar Jasad George HW Bush ke Liang Lahad Dengan kawalan pasukan kehormatan, jasad mantan presiden AS, George HW Bush, dikebumikan di belakang perpustakaan kepresidenannya di Texas, Kamis (6/12). (Matt York/Pool via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dengan pengawalan pasukan kehormatan, jenazah mantan presiden Amerika Serikat, George HW Bush, dikebumikan di pemakaman keluarga di belakang perpustakaan kepresidenannya di College Station, Texas, pada Kamis (6/12).

Dalam sebuah upacara tertutup, jasad Bush dikuburkan di sebelah makam istrinya, Barbara, dan Robin, putrinya yang meninggal akibat leukimia saat masih berusia tiga tahun.

Reuters melaporkan bahwa satu skuadron pesawat Angkatan Laut AS terlihat melintasi langit di atas lokasi pemakaman dalam satu upacara yang diawasi langsung oleh putra Bush, mantan presiden George W Bush.
Upacara tertutup ini mengakhiri empat hari rangkaian acara penghormatan terakhir rakyat AS bagi Bush yang meninggal dunia pada Jumat pekan lalu di usia 94 tahun.


Rangkaian acara tersebut dimulai pada Senin (3/12), ketika jasad Bush disemayamkan di ruang rotunda di Gedung Capitol selama tiga hari.

Ribuan orang hilir mudik di gedung tersebut untuk memberikan penghormatan terakhirnya bagi Bush, termasuk Presiden Donald Trump dan istrinya, Melania.
Pada Rabu (5/12), jenazah Bush dibawa ke Katedral Nasional Washington untuk ibadah pemakaman kenegaraan yang dihadiri oleh Trump dan sejumlah mantan presiden AS, yaitu Barack Obama, Bill Clinton, dan Jimmy Carter.

Setelah ibadah rampung, jasad Presiden AS ke-41 itu diterbangkan kembali ke Houston, Texas, untuk dibaringkan sejenak dalam acara ibadah pemakaman keluarga di Gereja St. Martin's Episcopal, tempat Bush dan Barbara berbakti selama lima dekade.

[Gambas:Video CNN]

Jasad Bush lantas dibawa menggunakan kereta Lokomotiv 4141 bertuliskan "George Bush 41" menuju Perpustakaan Kepresidenan George HW Bush di College Station, Texas.

Mantan presiden AS itu kemudian dikebumikan di pemakaman keluarganya di belakang gedung perpustakaan tersebut. (has/has)