Tutup Mesin Pesawat Maskapai AS Lepas Saat Mengudara

CNN Indonesia | Sabtu, 08/12/2018 02:25 WIB
Tutup Mesin Pesawat Maskapai AS Lepas Saat Mengudara Ilustrasi pesawat komersil. (REUTERS/Toby Melvill)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penumpang maskapai Frontier Airlines rute penerbangan Las Vegas-Tampa, Amerika Serikat dibuat geger pada Jumat (30/11) pagi lalu. Saat lepas landas di Bandara Internasional Las Vegas, bagian penutup mesin burung besi itu terlepas dan membuat takut para penumpang.

Kejadian itu direkam sejumlah penumpang yang kemudian beredar luas di dunia maya.

"Pesawat Frontier Airlines yang berangkat dari Las Vegas ke Tampa terpaksa berbalik arah setelah penutup mesin lepas. Video diambil oleh Jazmin Pedraza dari Las Vegas, yang sedang berlibur sebelum memulai pelatihan Angkatan Laut-ia mengatakan penumpang mulai memanggil orang-orang terkasih," tutur Rittiman melalui akun Twitternya, seperti dilansir Asia One, Jumat (71/2).


Karena insiden yang membuat seisi pesawat histeris itu, pesawat yang membawa lebih dari 160 penumpang dan awak kabin kemudian terpaksa berbalik arah setelah pilot menyadari apa yang terjadi.

Pesawat itu dikabarkan mendarat pada 07.27 waktu setempat, 15 menit setelah lepas landas. Semua penumpang dinyatakan selamat tanpa luka.

Juru bicara Frontier Airlines, Alisson Redmon mengonfirmasi bagian dari penutup mesin, yang disebut cowling terlepas dan terpisah dari pesawat. Ia juga menekankan keselamatan menjadi prioritas utama Frontier Airlines.

"Keselamatan adalah prioritas utama kami di Frontier Airlines dan kami ingin mengakui profesionalisme pilot dan pramugari kami. Kami akan terus berusaha membawa penumpang kami ke tujuan mereka secepat mungkin," tuturnya.

Kendati demikian, insiden ini masih ramai dan kian memanas di jejaring sosial Twitter.

Pembawa berita Dan Ponce ikut mengunggah foto mesin pesawat di Twitter selagi menceritakan pengalaman tantenya yang berada di penerbangan tersebut. Ia menuturkan sang bibi diberi kompensasi kupon sarapan gratis setelah pesawat mendarat.

"Tante saya mengambil foto mesin yang rusak ini pada penerbangan Frontier 260 dari Vegas ke Tampa. Pesawat itu berputar dan mendarat. Ia mengatakan semua kupon sarapan gratis," tulis Ponce.

Unggahan Ponce kemudian menuai banyak komentar dari warga internet. Di antaranya menjawab dengan cibiran sarkastik yang ditujukan kepada Frontier Airlines. Namun ada pula yang merasa reaksi orang-orang yang mencibir Frontier Airlines adalah reaksi yang berlebihan. Mereka merasa kompensasi yang diberikan sudah sesuai.

"Mereka tidak hampir mati hanya karena penutup mesin terlepas. Mesinnya masih berfungsi dengan baik. Saya yakin orang-orang ketakutan karena tidak tahu betul akan hal tersebut," tulis akun @RiosOmar1994.
Melihat kehebohan yang diundang dari unggahannya, Ponce kemudian menambahkan informasi bahwa Frontier Ailines telah memberi kompensasi kupon sebesar US$500 (sekitar Rp7,2 juta) untuk setiap penumpang penerbangan. (fey/ayp)