Israel Tembak Hizbullah, Netanyahu Beri Informasi ke Putin

CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 05:58 WIB
Israel Tembak Hizbullah, Netanyahu Beri Informasi ke Putin Ilustrasi. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tentara Israel melepaskan tembakan ke arah aktivis Hizbullah yang berada di perbatasan Libanon dengan negara Yahudi tersebut.

Itu menjadi penembakan pertama setelah Israel menggencarkan operasi antiterowongan di dalam teritorialnya. Seperti dilansir Reuters, belum ada laporan korban dari aksi penembakan tersebut.


Juru bicara militer Israel Letkol Jonathan Conricus mengatakan sebelum penembakan dilakukan, tiga anggota berpakaian sipil mencoba melepaskan bom asap ke kawasan itu. Namun, sebelum tindakan dilakukan, militer Israel melepas tembakan.


Sementara itu secara terpisah, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menemui Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam pertemuan tersebut Netanyahu memberikan informasi kepada Putin perihal operasi antiterowongan di perbatasan dengan Libanon.

Netanyahu mengatakan terowongan-terowongan itu dibuat para pejuang Hizbullah yang ingin melakukan infilttrasi ke wilayah Israel dari Libanon, lalu memulai serangan.


Putin Menjawab: Netanyahu Harus Menjaga Stabilitas Wilayah

Dalam panggilan telepon tersebut, Putin hanya menjawab singkat yakni agar lebih menekankan dan memastikan stabilitas kawasan Timur tengah.

Rusia sendiri diketahui memiliki hubungan yang baik dengan Hizbullah. Terutama, dalam hal membantu Suriah yang dipimpin Bashar al Assad. Hizbullah Libanon memiliki kaitan dengan Assad, begitu pun Iran.

(Reuters/kid)