Aparat China Tahan 10 Orang Terlibat Aksi Demonstrasi Veteran

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 10/12/2018 05:15 WIB
Aparat China Tahan 10 Orang Terlibat Aksi Demonstrasi Veteran Ilustrasi militer China. (AFP PHOTO / STR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petugas-petugas keamanan China di Provinsi Shandong telah menahan 10 orang yang terlibat dalam aksi-aksi demonstrasi para veteran militer China pada Oktober lalu.

Sebelumnya, para veteran militer itu melakukan aksi demonstrasi karena mengeluh atas uang pensiun dan sejumlah hal yang seharusnya hak justru tak diterima. Itu sendiri, seperti dilansir Reuters, merupakan persoalan lama di China dan mulai sporadis di protes sejak beberapa tahun ke belakang,

Awal tahun ini ratusan veteran militer berunjuk rasa di Beijing tengah selama dua hari, menuntut manfaat-manfaat pensiun yang belum dibayarkan.



Sementara itu aksi yang terjadi pada 4-7 Oktober lalu meledak di kota Pingdu, Shandong. Kala itu, sebanyak 300 orang dari berbagai bagian berbeda China berkumpul 'di bawah panji veteran militer'. Aparat sendiri menyebutkan ekpada media massa bahwa unjuk rasa itu ilegal.

Saat itu, para pengunjuk rasa bentrok dengan polisi dan merusak kendaraan-kendaraan.

Sementara itu, terkait kondisi hak bagi para veteran militer, Kementerian Keamanan Publik China menyatakan pemerintah berjanji akan memperlakukannya lebih baik. Salah satunya, dengan pembentukan Kementerian Urusan Veteran pada tahun ini sebagai bagian dari perombakan lebih besar departemen-departemen di kementerian.

Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping mengumumkan pada tahun 2015 Tentara Pembebasan Rakyat memulai pemangkasan jumlah tentara sebanyak 300.000. Pemangkasan prajurit angkatan perang itu bertujuan membuat sebagian besar pengurangan pada akhir 2017. Dan, pemerintahan China pun mengklaim tujuan tersebut telah tercapai.

(kid)