FOTO: Seruan Alumni 212 untuk Muslim Uighur

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 21/12/2018 16:24 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sedikitnya seribu alumni gerakan 212 menggelar aksi protes atas dugaan pelanggaran HAM terhadap minoritas Muslim Uighur di Xinjiang, China.

Sedikitnya seribu orang yang mengaku tergabung dalam Dewan Pengurus Pusat Persaudaraan Alumni 212 menggelar aksi protes atas dugaan pelanggaran HAM terhadap minoritas Muslim Uighur di Xinjiang, China. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama Yusuf Muhammad Martak sebagai salah satu koordinator aksi mengutuk keras penindasan yang dilakukan pemerintah China terhadap etnis Uighur dan minoritas Muslim lainnya di Xinjiang. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Yusuf mengatakan seperti pemberitaan media internasional, Muslim Uighur di China mengalami penyiksaan, intimidasi, diskriminasi, pengucilan, penangkapan, hingga pembatasan menjalankan aktivitas agama. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Aksi damai ini diikuti oleh berbagai individu dan organisasi Muslim yang peduli terhadap nasib Uighur. Namun, sebagian peserta demo terlihat merupakan kelompok-kelompok yang pernah mengikuti demo aksi damai 212. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Hal itu terlihat dari banyaknya massa yang menyanyikan yel-yel Aksi Bela Islam 212. Selain Alumni 212, demonstrasi juga dihadiri Ketua Umum Front Pembela Islam Sobri Lubis dan aktivis Neno Warisman. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pemerintah China memang disebut melakukan pelanggaran HAM secara massal dan sistematis terhadap kaum minoritas muslim di Xinjiang. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Salah satu pelanggaran HAM paling dikhawatirkan adalah mengenai penangkapan etnis Uighur dan minoritas muslim di Xinjiang yang marak dilakukan otoritas China. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Berdasarkan kesaksian mereka, otoritas China terus melakukan penahanan massal sewenang-wenang terhadap Uighur dan minoritas muslim lain di Xinjiang sejak 2014 lalu. (CNN Indonesia/Safir Makki)