Presiden China Kirim Duka Cita Tsunami Selat Sunda ke Jokowi

CNN Indonesia | Senin, 24/12/2018 23:12 WIB
Presiden China Kirim Duka Cita Tsunami Selat Sunda ke Jokowi Lewat pesan tertulis yang dikirimkan ke Presiden RI Joko Widodo, Presiden China Xi Jinping menyampaikan pernyataan duka cita atas bencana tsunami Selat Sunda. (Fred Dufour/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden China Xi Jinping menyampaikan pernyataan duka cita atas para korban bencana tsunami di sekitar Selat Sunda.

Ucapan tersebut disampaikannya melalui pesan tertulis kepada Presiden RI Joko Widodo, Senin (24/12).


Seperti dikutip dari Antara, dalam pesannya tersebut Xi mengaku terkejut atas berita bencana tsunami di Selat Sunda yang menyebabkan jatuhnya ratusan korban jiwa dan kerusakan rumah warga serta fasilitas umum lainnya.


Menurut Xi, Indonesia merupakan negara sahabat yang baik, sehingga rakyat China sangat merasakan penderitaan rakyat Indonesia yang tertimpa bencana.

Di satu sisi, Xi meyakini pemerintahan Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia mampu mengatasi dampak bencana tersebut.

Bencana tsunami yang diawali dari letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam. Pesisir Banten dan Lampung pun terhantam oleh gelombang tinggi yang disebabkan longsoran dasar laut akibat aktivitas vulkanis Gunung Anak Krakatau.

Dalam rilis pada Senin (24/12) pagi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata telah ada 281 orang tewas, dan 1.016 lainnya luka-luka.

Sementara itu, beberapa hari sebelumnya salah satu perusahaan China telah menandatangani kontrak pembiayaan proyek pembangunan sarana pariwisata di Tanjung Lesung, Banten, senilai US$1 miliar. Kawasan tempat kerja sama itu pun disebut tak luput dari bencana tsunami Selat Sunda.


[Gambas:Video CNN] (Antara/kid)