Gempa Guncang Sisilia, Diduga Dampak Letusan Gunung Etna

CNN Indonesia | Rabu, 26/12/2018 16:54 WIB
Gempa Guncang Sisilia, Diduga Dampak Letusan Gunung Etna Gempa bumi dengan kekuatan 4.8 magnitudo mengguncang Sisilia, Italia pada Rabu (26/12) pagi waktu setempat, mengakibatkan empat penduduk terluka. (Istockphoto/Petrovich9)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi dengan kekuatan 4.8 magnitudo mengguncang Sisilia, Italia pada Rabu (26/12) pagi waktu setempat. Hal itu mengakibatkan empat penduduk terluka dan sejumlah bangunan tua rusak.

Seperti dilansir AFP, pemerintah Sisilia juga menutup jalan bebas hambatan yang melintasi laut karena gempa itu. Hal itu diduga berkaitan dengan letusan Gunung Etna sejak Senin (24/12) lalu. Erupsi itu mengakibatkan gempa tremor yang terus-menerus.

Menurut analisis Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi Italia (INGV) gempa itu terjadi sekitar dini hari dan pusatnya berada pada kedalaman satu kilometer di bawah tanah. Pusat gempa itu terletak di sebelah utara Catania.
Sejumlah penduduk memilih bermalam di luar rumah karena khawatir gempa susulan. Namun, pemerintah tidak menutup bandara di Catania.


Dua penduduk yang tertimpa reruntuhan bangunan berhasil diselamatkan. Letusan Gunung Etna kembali terjadi setelah sekitar satu dasawarsa tidak mengalami aktivitas vulkanik.

Gunung setinggi 3300 meter itu memang tercatat beberapa kali meletus selama 2700 tahun terakhir. Erupsi yang terakhir terjadi pada musim semi 2017. Sedangkan yang terbesar terjadi pada musim dingin 2008/2009.

Menurut hasil penelitian yang dipaparkan dalam Buletin Vulkanologi, Gunung Etna semakin condong ke arah Laut Mediterania. Pergeserannya mencapai 14 milimeter setiap tahun. (ayp/ayp)