Presiden Trump Ungkap Identitas Navy SEALs di Irak

CNN Indonesia | Jumat, 28/12/2018 15:18 WIB
Presiden Trump Ungkap Identitas Navy SEALs di Irak Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan tidak sengaja mengungkap identitas pasukan elit Angkatan Laut AS, Navy SEALs di Irak lewat Twitter. (REUTERS/Carlos Barria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan mengungkap identitas satuan pasukan khusus Angkatan Laut AS, Navy SEALs (Sea, Air and Lands), di Irak. Belum diketahui apakah tindakan itu disengaja atau tidak.

Wajah-wajah anggota serdadu elit itu terlihat jelas dalam video yang diunggah melalui akun Twitter pribadinya, @realDonaldTrump.

Seperti dilansir AFP, Jumat (28/12), dalam rekaman video itu diduga kuat Trump dan ibu negara, Melania, berpose foto bersama anggota Tim Lima SEALs. Hal itu dilakukan di sela-sela kunjungan mendadak keduanya ke Irak sehari selepas Natal.



Wajah para prajurit satuan khusus itu terpampang jelas dengan mengenakan atribut seperti rompi antipeluru dan helm tempur beserta kacamata pengindera malam. Padahal biasanya menurut prosedur identitas dan keberadaan mereka selalu dirahasiakan.

Bahkan jika mereka diambil foto dan direkam saat berkegiatan, wajah mereka selalu diburamkan. Hal itu untuk melindungi identitas para prajurit.

Trump juga sempat berswafoto bersama dengan Mayor AL Kyu Lee. Lee disebut sebagai pemimpin Tim Lima SEALs.

Mantan perwira intelijen AL AS, Malcolm Nance menyatakan unggahan Trump itu tidak sesuai protokol. Sebab, bagi dunia militer kerahasiaan serdadu dan misi operasi selalu diutamakan. Maka dari itu identitas para pasukan khusus tidak pernah diungkap.


"Mengungkap mereka di media meski oleh panglima tertinggi, akan membahayakan jika mereka ditangkap oleh pihak-pihak yang berlawanan atau bahkan kelompok teroris," kata Nance, seperti dilansir The Guardian.

Berikut ini video kunjungan mendadak Trump di Irak:
[Gambas:Video CNN] (ayp/ayp)